DARURAT CORONA, PEMDA BUTUR ANGGARKAN ALKES RP 1,3 M

448
Yurif Halir/TRIBUNBUTON.COM

BURANGA, TRIBUNBUTON.COM (Asm)

Kabupaten Buton Utara baru menetapkan darurat Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) 18 Maret 2020. Untuk penanggulangan, Pemda Butur mengucurkan dana Belanja Tak Terduga (BTT) sebesar Rp 1,3 milyar dari APBD.

Marsuli/TRIBUNBUTON.COM

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Butur, Yurif Halir, menjelaskan dana BTT sudah ada di Badan Keuangan Daerah (BKD). Namun pertanggungjawaban penggunaannya di bawah BPBD Butur sebagai koordinator lapangan Satgas penanggulangan wabah covid-19.

“Sebagai koordinator pelaksana Gugus Satuan Tugas (Satgas) penanggulangan dan penyebaran Corona, membentuk satgas bekerja sama dengan pihak RSUD, TNI dan Polri,” jelasnya, Jumat 20 Maret 2020.

Menurut dia, Dinas Kesehatan Butur telah merinci dan menghitung belanja pengadaan Alat Kesehatan (Alkes) dan Alat Pelindung Diri (APD). Anggarannya kurang lebih Rp 536 juta.

Sekretaris Dinkes Butur, Marsuli, mengatakan pihaknya kekurangan anggaran untuk belanja alat-alat kesehatan dan APD. Sebagai langkah awal melakukan pelayanan di posko satgas di pintu-pintu transit penumpang, seperti di Pelabuhan Wd Buri, Pelabuhan Fery Amolengu, Pintu Masuk dari Raha dan Pintu Masuk dari Baubau.

Kata dia, APD sangat sulit didapatkan karna tingginya permintaan dari beberapa RSUD di Indonesia. “Olehnya itu kami telah berkomunikasi dengan perusahaan penyedia, namun harus ada kepastian anggaran pengadaan alat-alat kesehatan dan APD,” jelasnya.(#)