IBI BUTUR GELAR BAKTI SOSIAL

Abu Hasan saat memberikan sambutan pada acara bakti sosial IBI Butur. Foto : Deni Irawan/TRIBUNBUTON

BURANGA, TRIBUNBUTON

Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Buton Utara (Butur) gelar bakti sosial dalam rangka memperingati HUT IBI ke-68 tahun 2019 yang di buka secara resmi oleh Bupati Buton Utara Abu Hasan, di Desa Karya Bakti, Kecamatan Kulisusu Barat, (28/8).

Pada kesempatan itu, Abu Hasan menyampaikan kepada tenaga Bidan terus mempromosikan upaya-upaya pencegahan mengenai pentingnya pola hidup sehat bagi ibu hamil, mencegah hal-hal buruk dengan menghindari tindakan diluar praktek kebidanan khususnya persalinan, agar angka kematian anak dan ibu hamil terhindar.

“Bidan merupakan profesi mulia, mereka hadir ditengah-tengah masyarakat, bertugas dipelosok-pelosok, dibawa kaki gunung dan lembah tanpa dibekali dengan sarana dan prasarana yang memadai,” kata Abu Hasan dalam sambutanya.

Ketua DPD PDI Perjuangan Sultra ini menuturkan, walu berbagai kekuranganya tetap mengapresiasi pengabdian tersebut dengan terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan bidan agar pengabdian ditengah masyarakat tidak surut.

Olehnya itu, Dia mengimbau kepada warga untuk tidak sering melahirkan, mengatur jarak persalinan agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan. Semua pihak ikut terlibat menjaga dan memperhatikan pentingnya hidup sehat, terutama mencegah kehamilan bagi yang masih terlalu muda dan menghindari kehamilan kepada yang berusia tua.

“Semoga diusianya yang sekarang tenaga kebidanan semakin matang, tangguh dan hadir membawa solusi bagi kesehatan anak dan Ibu hamil,” ujarnya. (Deni Irawan)