Wakatobi
09-02-2019  15:37
Penyebar Luasan Informasi Pembangunan, Pemkab Wakatobi Diminta Bermitra Dengan Pers
Asman Hamdi SPd
WAKATOBI, TRIBUN BUTON

PERINGATAN Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari 2019 mendapat tanggapan positif Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Ketua PGRI Kabupaten Wakatobi, Asman Hamdi SPd, menjelaskan jika peringatan HPN setiap tahun merupakan motivasi spesial seluruh insan Pers (wartawan) kaitannya dalam menjalankan fungsinya. Terkhusus insan Pers yang melakukan tugas peliputan di Kabupaten Wakatobi.

Dalam melaksanakan fungsinya di Kabupaten Wakatobi lanjut Asman Hamdi, wartawan dari semua media baik itu elektronik, cetak dan online. Sudah melaksanakan tugas-tugasnya sesuai mekanisme jurnalis.

"HPN ini semangat khusus semua wartawan. Di Wakatobi, saya amati bahwa semua wartawan sudah melaksanakan fungsinya baik itu mengontrol jalannya pemerintahan dan demokrasi termasuk menyebarkan luaskan informasi ke publik," ungkap Asman Hamdi di Wangi-Wangi Sabtu (9/2/2019).

Asman Hamdi, menilai bahwa meskipun insan pers di Wakatobi telah melaksanakan fungsinya. Namun dalam penyebaran informasi kaitannya dengan progres perkembangan dan kemajuan pembangunan belum sepenuhnya sampai ke masyarakat.

"Harusnya pemkab Wakatobi memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan informasi khususnya progres kemajuan pembangunan. Contohnya, bagaimana informasi itu sampai ke pelosok masyarakat. Pemkab harus bermitra dengan Pers agar informasi bisa tersebar ke pelosok," katanya.

Ketua PGRI Wakatobi mengatakan informasi progres kemajuan pembangunan sebagian besar hanya terpublikasi melalui media online. Dan itu tidak sampai ke masyarakat di pelosok secara umum.

"Tidak semua masyarakat bisa mengakses informasi di internet atau memiliki fasilitas berupa Hand Phone bagus untuk mengakses informasi. Jadi harus ada upaya Pemkab Wakatobi agar informasi itu bisa sampai di masyarakat pelosok, terutama pegiat pendidikan di desa-desa," harapnya.

Menurutnya, tenaga pengajar di pelosok sangat membutuhkan informasi sebagai kelengkapan referensi karya ilmiah dilingkup sekolahnya maupun kelas jauh perguruan tinggi yang diikutinya.

"Pers di Wakatobi sangat membantu pembangunan terutama pembangunan mental masyarakat yang tertantang dengan perkembangan global. Berita-berita yang bermutupun sangat dibutuhkan oleh para pegiat pendidikan demi kelengkapan referensi karya ilmiah dilingkup sekolah maupun perguruan tinggi," ujar Asman Hamdi.

Asman Hamdi, berharap Pers di Wakatobi juga harus mampu menghadapi tantangan milenial, dimana masyarakat khususnya para generasi Y saat ini gemar menggunakan teknologi digital.

"Wartawan harus menguasai teknologi digital. Bicara teknologi tentu saja akan sangat berkembang dan semakin banyak startup yang mendukung bahkan menghalagi bisnis media. Salah satu bukti hilangnya media cetak diabad ini," tutupnya. (Duriani)
Telah dibaca 130 kali
Berita Terkait
Advertisement

Warning: mysql_free_result(): supplied argument is not a valid MySQL result resource in /home/tribunbu/public_html/berita.php on line 239