Baubau
12-03-2018  08:21
Waspada! Penyakit Pembunuh Nomor Wahid Mengintai
needanews.com
BAUBAU, tribunbuton.com - Ini warning bagi seluruh masyarakat, khususnya para pekerja aktif, yang biasanya lupa menerapkan disiplin pola hidup sehat, diantaranya, makan dan istrahat teratur, berolahraga, meninggalkan kebiasaan buruk merokok. Penyakit gagal jantung berpotensi menyerang siapa saja yang tidak menerapkan pola hidup sehat.
Bukan hanya soal gaya hidup sehat, penyakit gagal jantung yang merupakan penyakit pembunuh nomor wahid di dunia ini juga disebabkan karena merokok, juga cacat jantung bawaan sejak lahir. Demikian diungkapkan dr Firman Leksmono Sp JP FIHA, seorang dokter spesialis jantung saat menjadi pembicara dalam kegiatan Media Gathering bertema, mengenal lebih dekat penyakit gagal jantung, di Siloam Hospitals Buton, Sabtu (10/03).

Firman mengatakan, merokok juga penyebab utama penyakit gagal jantung, selain mengkonsumsi makanan yang berlemak tinggi, serta makanan yang mengandung kadar natrium (garam) berlebih.

Firman menjelaskan, berkembangnya gejala penyakit gagal jantung terbagi menjadi dua, yaitu kronis dan akut. Untuk gagal jantung kronis, gejala berkembang secara bertahap dan lama, sedangkan gelaja gagal jantung akut, gejala berkembang secara cepat.

Adapun gejala utama gagal jantung yakni, sesak napas, baik istrahat maupun sedang beraktivitas, lelah yang dirasakan pada tubuh sepanjang waktu dan pembengkakan kaki dan pergelangan.

"Selain gejala tersebut, juga untuk memastikan secara langsung apakah dia mengidap penyakit gagal jantung, pasien harus melakukan pemeriksaan anamnesa, pemeriksaan fisik, pemeriksaan jantung rutin dan tambahan," jelasnya.

Lanjut, untuk Siloam Hospitals Buton sendiri sudah memiliki tenaga medis, yang mampu menangani pasien gagal jantung. Selain tenaga medis, fasilitas diagnosis dan penanganan pasien gagal jantung juga sudah tersedia di rumah sakit swasta ternama tersebut.

"Untuk rumah sakit Siloam sendiri, fasilitas penanganan dan pemeriksaan pasien gagal jantung sudah sudah sangat lengkap," katanya.

Firman mengajak seluruh masyarakat untuk senantiasa menerapkan gaya hidup sehat dalam kehidupan sehaemri-hari, agar terhindar dari penyakit gagal jantung, dan berolahraga yang tidak memaksakan cara kerja jantung secara berlebihan. (lam)
Telah dibaca 242 kali
Berita Terkait
Advertisement

Warning: mysql_free_result(): supplied argument is not a valid MySQL result resource in /home/tribunbu/public_html/berita.php on line 239