Buton
06-08-2016  14:23
Bupati Buton Pimpin Rapat Persiapan Festival Budaya Tua
Penyelanggra Panitia Festival Budaya Buton melakukan Foto bersama usai rapat.
PASARWAJO, BP - Pemerintah Daerah Kabupaten Buton bentuk kepanitiaan untuk persiapan Festival Budaya Tua yang rencananya akan diselenggarakan di Takawa Kecamatan Pasarwajo Pada 19-24 Agustus 2016.
Dalam pembentukan panitia untuk mensukseskan Festival Budaya Buton maka seluruh Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) serta ikut dilibatkan dan para Kepala Sekolah Se Kabupaten Buton.

"Terkait dengan adanya persiapan Festifal budaya tua serta untuk merayakan 17 Agustus 2016, saya telah memberikan gambaran kepada seluruh SKPD dan para staf untuk mensukseskan kegiatan tersebut sehiingga agendanya akan berjalan dengan semestinya," ucap Samsu Umar Samiun SH ketika di Konfirmasi Baubau Post usai rapat pembetukan panitia di Kantor Bupati Buton Jumat (05/08)

Dikatakan, hal yang mendasar dalam kegiatan festival Budaya Tua adalah kegiatan tandaki karena kalau dulu posuo serta kande kandea.

Lanjutnya, karena kalau tradisi yang ada laki laki akan melakukan tandaki atau akim inilah yang akan dipersiapkan dalam festival budaya tua. Adapun agenda yang akan diselenggarakan pada festival budaya tua yakni, Lomba Budaya Tradisional, lomba kesenian daerah, penyelenggra tandaki, kande kandea, dan pelaksanaan tari kolosal sebanyak 10.000 orang.

Kata dia, dalam rangka festival budaya tua akan dilaksanakan latihan bersama khusus tari kolosal selama empat atau lima hari sebelum kegiatan dimulai.

Selain itu, untuk undangan hadir dalam festival budaya tua, pihaknya mengundang salah satu mentri yang berkaitan dengan liding sektor parawisata yakni Depertemen Parawisata Pa Luhu sebab Mentri parawisata kemungkinan tidak bisa hadir karena bertepatan dengan kegiatan yang sama di daerah lain. Namun dalam kegiatan festival budaya tua segaligus direncanakan dengan peresmian Perkantoran di Takawa.

Menurutnya, Kegiatan festival budaya tua ini masyarakat harus memahaminya, karena suatu pembangunan bukan semata mata hanya secara fisik melainkan dengan secara kepuasan dalam mengangkat Budaya Buton,

"Kita berharap dalam pelaksanaan kegiatan festival tua berjalan dengan sukses karena kegiatan tersebut sudah masuk dalam kalender Nasional sehingga dalan setiap tahun di adakan di Kabupaten Buton," tutup (#)



Peliput: Alyakin
Telah dibaca 366 kali
Berita Terkait
Advertisement