Buton Utara
04-04-2019  21:53
Antisipasi Bencana, Dinsos Butur Rekrut Taruna Tagana
Berpose bersama peserta Tagana
BURANGA, TRIBUNBUTON
Dalam mengantisipasi kemungkinan terjadi bencana, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Buton Utara merekrut dan melatih sebanyak 20 orang Taruna Siaga Bencana (Tagana) muda selama dua hari di Aula Hotel Sara'ea Kulisusu, Kamis, 4 April 2019.

Kegiatan dibuka langsung secara resmi oleh Bupati Butur, Abu Hasan dan turut hadir Sekda Butur, Muh Yasin, Ketua TP. PKK Butur, Siti Rabiah Abu Hasan, Kadis Sosial, Muliana, sejumlah kepala OPD lingkup Pemda Butur, dan undangan lainnya.

Kepala Dinas Sosial Butur, Muliana dalam sambutanya mengatakan, Tagana merupakan organisasi sosial yang bergerak dalam bidang penanggulangan bencana alam dan bencana sosial berbasis masyarakat.

"Lahirnya Tagana yang terlatih, tanggap, serta siaga dalam penanggulangan bencana dan tujuannya untuk meningkatkan kesiap siagaan masyarakat dalam menghadapi kemungkinan terjadi bencana, "ujarnya.

Sementara itu, Bupati Butur, Abu Hasan dalam sambutanya mengungkapkan, dalam peta Sulawesi Tenggara, Kabupaten Buton Utara masuk salah satu daerah rawan bencana.

Inilah urgensi hadirnya Taruna Siaga Bencana muda untuk mendedikasikan diri membantu tugas-tugas kebencanaan, baik itu sebelum dan sesudah bencana.

"Sehingga Tagana ini harus mempersiapkan fisik, mental dan mampu secara soaial, "kata Abu Hasan. (*)
Telah dibaca 25 kali
Berita Terkait
Advertisement