Baubau
11-03-2019  22:50
Tambang Batu Gamping di Sorawolio Tuai Kontrofersi
Direktur CV Nur Fiah Sari Zudin SIp
BAUBAU,  TRIBUN BUTON

TAMBANG Batu gamping yang terletak di Kecamatan Sorawolio Kota Baubau,  menuai kontrofersi antara masyarakat Kel. Kaisabu,  Kel. Karya Baru, dan Kel. Bugi dengan Direktur CV Nur Fadilah Sari yang mengelola Perusahan tambang batuan yang tidak memiliki izin Eksplorasi dan Eksploitasi sebelumnya.

Baru se bulan beroprasi, aktivitas CV.  nur Fadilah Sari menambang batu gamping di Kecamatan Sorawolio Kota Baubau untuk sementara di berhentikan oleh Polres Baubau sampai benar-benar mendapatkan izin eksplorasi dan izin eksploitasi untuk menjaga terjadinya polemik antar warga.

Salah satu warga Bugi Suradi menjelaskan polemik yang terjadi bahwa ketiga kelompok masyarakat menjadi ricuh karna ketidak jelasan lokasi tambang di tempatkan dan ketika Direktur CV nur Fadilah Sari mendapat izin eksplorasi yang seharusnya hanya diberlakukan oleh kelurahan karya baru perusahaan tersebut malah menyangkut kelurahan kaisabu dan Bugi sehingga penambang dan yang memiliki lahan dilarang dengan alasan izin ekplorasi.
"padahal izin eksplorasi seharusnya baru bisa beroprasi ketika suda mendapatkan izin eksploitasi, "kata suradi.

Menurutnya Direktur CV. Nur Fadilah Sari harus benar-benar melengkapi izinnya dengan catatan tidak melakukan pemaksaan terhadap masyarakat dan membiarkan masyarakat Bugi dan Kaisabu untuk membuat izin. 
"meski dalam pembuatan izin terbilang mahal,  namun ketika diselesaikan secara kelompok saya kira kebih mudah, "ungkapnya.

Disamping itu Direktur CV Nur Fadilah Sari Zudin S. IP mengatakan bahwa kehadiran Ketua DPRD Kota Baubau H Kamil Adi Karim dan La Rusu ketua fraksi partai demokrat tersebut telah memediasi antara ia dan masyarakat dan kini telah berada pada titik temu dan akan bertanggung jawab atas masyarakat dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat.
"Karana ini menyangkut ekonomi masyarakat dan peningkatan taraf hidup masyarakat,"katanya.
Telah dibaca 83 kali
Berita Terkait
Advertisement