Wakatobi
10-03-2019  12:24
Tenda Stand HPSN Diseret Angin ke Laut
Tenda stan HPSN di Wakatobi diseret angin kencang. FOTO:LA ODE SAMSUDIN/TRIBUN BUTON
WAKATOBI, TRIBUN BUTON
TEnda stand kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), dirubuhkan angin dan diseret ke laut. Insiden ini terjadi pada Minggu 10 Maret 2018 di pantai Marina, Kecamatan Wangi-wangi, Kabupaten Wakatobi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Wakatobi, Jaemuna, menjelaskan pukul 05.30 Wita, menerima laporan dari Pol PP. Bahwa dua buah stand diterbangkan angin sampai ke laut, sehingga pihaknya langsung ke lokasi.

“Ada angin kencang tadi subuh, tenda-tenda dan stand ini roboh dan jatuh ke laut yang tidak bisa terelakan dengan adanya kondisi cuaca yang tidak memungkinkan seperti ini, tapi siang ini kami pastikan semua tuntas,” ungkap Jaemuna

Dia mengatakan, HPSN 2019 tingkat Provinsi dipusatkan di Kabupaten Wakatobi. Wakatobi diberi kepercayaan dalam hal penanganan sampah dan paket kebijakan daerah, yakni penuntasan akses persampahan menyeluruh dan berkelanjutan yang sekaligus dirangkaikan dengan festival panen sampah laut.

“Kegiatan ini akan dirangkaikan dengan gerak jalan santai, senam, penandatanganan peraturan Bupati (Perbub) Wakatobi sebagai turunan dari peraturan daerah (Perda) persampahan Gerakan Wakatobi Bebas Sampah di darat dan di laut, juga ada pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat umum serta akan dibagikan berbagai hadiah door prize bagi peserta yang mengikuti kegiatan ini,” tambahnya.

Jaemuna mengharapkan agar masyarakat Wakatobi ikut berpartisipasi bersama atas kesuksesan HPSN.

“Karena ini adalah sebagai momentum bagi kita semua untuk membangun kesadaran bahwa pentingnya daerah kita bebas dari sampah,” tutupnya.
Telah dibaca 31 kali
Berita Terkait
Advertisement