Baubau
07-03-2019  18:09
Buka Musrenbang di Tomia, Arhawi Tebus Janji Politiknya
Musrenbang tingkat kecamatan di pulau Tomia. FOTO Duriani/Tribunbuton.com
WAKATOBI, TRIBUN BUTON

JANJI politik seorang kepala daerah (Bupati) saat masa kampanye pada tahapan Pilkada senantiasa akan teringat saat berhadapan dengan rakyatnya.

Itulah yang terjadi pada Bupati Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) H Arhawi SE. Saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Tomia dan Tomia Timur, Arhawi, mengingatkan warga terkait janji politiknya saat kampanye Pilkada tahun 2015 lalu.

Didepan masyarakat peserta Musrenbang, Arhawi, mengungkap berbagai isu yang dijanjikannya saat Pilkada. Diantaranya isu kesehatan berupa pembangunan gedung Puskesmas yang lebih komplit dan kesehatan gratis bagi seluruh masyarakat Kabupaten Wakatobi.

"Terkait janji politik seperti kesehatan, kita telah berupaya disetiap pulau ada peningkatan kesehatan. Tahun 2019 ini, pemkab Wakatobi menargetkan seluruh warga sudah memiliki kartu BPJS. Kemudian di pulau Tomia tahun 2019 ini juga sudah akan dibangun Puskesmas yang memenuhi standar dengan menelan anggaran sekitar Rp 30 Milyar," ungkap Arhawi.

Terkait infrastruktur lainnya, pulau Tomia juga telah direncanakan akan dilakukan pendalaman alur masuk. Sehingga kapal-kapal tidak kesulitan untuk berlabuh disaat cuaca sedang tidak bersahabat. Karena selama ini kapal-kapal masih berlabuh jauh dari bibir pantai. " Di pulau Tomia akan dilakukan pendalaman alur masuk di Waitii Raya. Program ini saya sudah komunikasikan dengan pemerintah provinsi," ujar Bupati Wakatobi.

Masih kata Arhawi, tahun 2019 ini juga ada program pemerintah pusat yang ditempatkan di pulau Tomia. Ini semua karena pulau Tomia telah memiliki industri pariwisata dan kerajinan tradisional masyarakat setempat.

"Tahun 2019 ini juga akan dibangun dermaga wisata di pulau Tomia. Berupa DAK pariwisata sehingga bisa menunjang industri pariwisata di pulau Tomia dan Wakatobi pada umumnya," kata Arhawi.

Arhawi, optimis jika janji politiknya akan terealisasi satu per satu. Namun semua itu butuh dukungan seluruh masyarakat Wakatobi dan pulau Tomia khususnya. Pasalnya, baru dua tahun lebih masa kepemimpinannya, sudah berbagai program ditelorkan ke masyarakat.

"Saya selalu optimis karena baru dua tahun kepemimpinan ini berjalan, satu per satu mulai tuntas. Tahun ini kita mulai bergeser ke pulau Kaledupa, dan tahun depan giliran pulau Tomia dan selanjutnya Binongko. Sehingga pendukung pariwisata bisa tuntas tiga tahun kedepannya," tukas Arhawi. (DURIANI)
Telah dibaca 187 kali
Berita Terkait
Advertisement