Nasional
03-03-2019  12:39
IMPB Yogyakarta Bangun Kerjasama Beasiswa dengan Sejumlah PT
Penyerahan berkas dari IMPB kepada kampus Unriyo. FOTO:IMPB/TRIBUN BUTON
YOGYAKARTA, TRIBUNBUTON
IKATAN Mahasiswa Pulau Binongko (IMPB) Yogyakarta membangun kerjasama dengan beberapa Perguruan Tinggi (PT) di Yogyakarta beberapa tahun terakhir ini. Salah satunya dengan Universitas Respati berupa program beasiswa.

Ketua Bidang Organisasi, Riko Faradillah, kepada TRIBUN BUTON (www.tribunbuton.com), menjelaskan program beasiswa. Menurut dia hal ini menjadi salah satu solusi untuk mempermudah adik-adik (generasi Wakatobi, khususnya Pulau Binongko, red) untuk menempuh pendidikan khususnya di Yogyakarta. Program kerjasama beasiswa yang sedang dibangun saat ini berupa beasiswa supsidi dan beasiswa full.

"Di era sekarang ini generasi bangsa sangat sulit untuk menempuh pendidikan dikarenakan beberapa faktor, salah satunya adalah ekonomi," jelasnya, Minggu 3 Maret 2019.

Salah satu masalah yang dihadapi Negara Indonesia di bidang ekonomi adalah kurangnya SDM dalam mengelola SDA sebagai mana mestinya. Salah satunya Kabupaten Wakatobi yang dimana telah ditetapkan dalam UU No.50/2011 tentang kepariwisataan menjadi salah satu dari 10 Destinasi Pariwisata Nasional. Artinya Wakatobi memiliki SDA yang cukup mempuni untuk dikelola di Bidang Pariwisata.

Dengan ini, IMPB Yogyakarta mengajak para mahasiswa Pulau Binongko untuk melihat tanah nenek moyang. Yaitu dengan berfikir kritis dalam menjawab tantangan seperti ini.

"IMPB Yogyakarta menyadari bahwa besarnya prospek SDA seperti itu maka harus didukung dengan SDM yang mampu untuk mengelola SDA tersebut," jelasnya.

Menurut IMPB Yogyakarta, solusinya adalah melalui Pendidikan dengan uraian membangun generasi berpendidikan untuk menjawab tantangan kedepan. Sebagaimana yang di katakan Nelson Mandela yaitu : Education is the most powerful weapon which you can use to change the world : pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk mengubah dunia.

IMPB Yogyakarta berharap Pemerintah daerah dapat melihat serta memberikan perhatian lewat Program Beasiswa Wakatobi Bersinar agar biaya pendidikan menjadi zero (0). Dengan demikoan generasi penerus dapat menempuh dan menikmati pendidikan dengan mudah.(Muswarlin_Chovas)

Editor: Yuhandri Hardiman
Telah dibaca 119 kali
Berita Terkait
Advertisement