Baubau
11-02-2019  12:50
Penuhi SN Dikti, UM Buton Gelar Pelatihan Penjaminan Mutu
Kegiatan SPMI di UM Buton. TRIBUN BUTON
BAUBAU, TRIBUN BUTON
UNIVERSITAS Muhammadiyah Buton (UM Buton), mengadakan pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Satuan Tugas Pengendali Mutu Program Studi. Pelatihan ini dilaksanakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) selama satu hari, diikuti oleh semua Gugus Penjaminan Mutu Prodi.

Rektor UM Buton, Alzarliani SP MM, mengatakan SPMI harus bisa menjawab kualitas mutu pendidikan. UM Buton harus memelihara dan memperbaiki mutu sesuai dengan visi misi universitas.

"Ini harus terimplementasi," tegasnya, disampaikan oleh Bagian Humas UM Buton melalui press rilis.

Peningkatan mutu perguruan tinggi bertujuan untuk memastikan bahwa UM Buton dapat memenuhi Standar Nasional pendidikan tinggi (SN) Dikti. Ini sekaligus sebagai usaha memenuhi ekspektasi stakeholder terhadap proses pendidikan yang dilaksanakan.

Kewajiban perguruan tinggi jelas Alzarliani, yakni melaksanakan sistem penjaminan mutu yang tercantum dalam UU No.12/2012 pasal 53, tentang sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi. Dijelaskan bahwa setiap perguruan tinggi harus menjalankan sistem penjaminan mutu khususnya sistem penjaminan mutu internal (SPMI) yang dikembangkan sesuai dengan karakteristik dan visi misi masing-masing perguruan tinggi.

"Selain untuk menjamin pemenuhan SN Dikti yaitu untuk melaksanakan sistem penjaminan mutu eksternal (SPME) yang akan menentukan akreditasi dari perguruan tinggi yang bersangkutan," jelasnya.

Menurut Alzarliani, UM Buton kedepannya bisa menjadi universitas dengn akreditasi B. "Kalau Bisa Menjadi A," tandasnya.

Terkait ini, pihaknya akan melakukan perbaikan-perbaikan, karena ini merupakan hasil evaluasi dari tahun ke tahun. Sehingga pihak UM Buton harus serius menjalankan tugas dari penjaminan mutu internal oleh satuan tugas pengendali mutu Program Studi di UM Buton.

Ketua LPM, Safrin Salam SH MH, juga mengatakan UM Buton siap untuk target akreditasi perguruan tinggi menjadi B. "Kami sudah penuhi beberapa Standar tinggal kami sesuaikan Di internal masing-masing Prodi yang berada di lingkup UM. Buton," ujarnya.(YUHANDRI HARDIMAN)
Telah dibaca 119 kali
Berita Terkait
Advertisement