Baubau
06-02-2019  21:56
Mata Air Jini Diduga Mangkrak Kades Bangkali Minta Diperiksa
Dialog di Kejari Raha.FOTO/TRIBUN BUTON
RAHA, TRIBUN BUTON

FORUM Komunikasi Mahasiswa Kecamatan Watopute (FKMW Muna-Kendari), menduga proyek mata air jini Desa Bangkali, Kecamatan Watopute, Kabupaten Muna mangkrak. Padahal anggaran pengerjaan bersumber dari Dana Desa (DD) T.A 2015, 2016 dan 2017 dengan nominal Rp 1,3 Milliyar.


Korlap FKMW, La Ode Aliakbar, di hadapan Kasi Intel Kejari Muna, mengungkap pekerjaan mata air jini tidak sesuai bestek dan tanpa kajian teknis. Sehingga pengadaan air bersih belum bisa dinikmati warga.



"Sudah 3 tahun, anggaranya 1,3 M blum bisa dinikmati warga," ungkap FKMW dalam sebuah aksi protes di deoan Kejari Raha, Rabu 6 Februaru 2019.


Dijelaskan proyek mangkrak mulai dari proses penganggaran, pembuatan bak, hingga perpipaan dengan panjang kurang lebih 1 Km. FKMW meminta pihak Kejari Muna untuk memeriksa Kades Bangkali dan unsur-unsur yabg terlibat dalam penganggaran.


Kasi Intel Kejari Raha, Abdul Sofyan, menegaskan kegiatan pengadaan air bersih belum bisa disimpulkan terjadi penyimpangan DD sebab pekerjaannya bertahap.


Berdasarkan keterangan, pekerjaan mata air jini telah secara bertahap mulai pengadaan pipa, pembuatan bak penampung hingga kembali dilakukan pergantian pipa namun rupanya saat uji coba airnya tidak mengalir hingga di rumah warga. "Masalah ini akan dikonfirmasi ke pihak terkait apakah air tidak mengalir ke rumah warga karena faktor alam atau masalah teknis?," ungkap Sofyan. (MN)

Editor: Yuhandri Hardiman
Telah dibaca 57 kali
Berita Terkait
Advertisement