Baubau
27-01-2019  07:55
Rektor UM Buton dan Kapolres Baubau Bangun Kerjasama
Rektor UM Buton Alzarliani menyerahkan cinderamata kepada Kapolres Baubau AKBP Hadiwinarno SIK usai membahas rencana stratrgis kerjasama kedua institusi. FOTO:IST/TRIBUN BUTON
BAUBAU, TRIBUN BUTON
REKTOR Universitas Muhammadiyah Buton (UM Buton) bersilaturahmi dengan Kapolres Baubau di rujabnya, Sabtu 26 Januari 2019. Agenda pertemuan membahas peluang kerjasama antara UM Buton dengan kepolisian di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Kapolres Baubau, AKBP Hadi Winarno SIK, menyambut baik rencana kerjasama yang ditawarkan Rektor Alzarliani. Silaturahmi dengan Kapolres Baubau dilakukan setelah pertemuan dengan Walikota Baubau Dr AS Tamrin MH dan Balitbang Kabupaten Buton.

“Upaya membangun situasi Kota Baubau yang kondusif tidak sekedar menjadi tanggung jawab semata aparat keamanan, namun partisipasi aktif dari seluruh warga masyarakat,” jelas Humas UM Buton, mengutip Hadi Winarno.

Kota Baubau sebagai pintu gerbang ekonomi di Sulawesi Tenggara dan daerah transit menjadikan kota ini kian berkembang. Hukum migrasi pun berlaku. Tidak sedikit kemudian warga dari luar Kota Baubau datang mengadu nasib di kota ini. Semakin bertambahnya populasi penduduk kota maka ancaman-ancaman atau gangguan ketertiban umum dan keamanan menjadi keniscayaan.

“Dibutuhkan kajian-kajian akademis untuk kemudian menjadi salah satu rujukan bagi pihak kepolisian termasuk pemerintah daerah dalam menentukan strategi dalam mencegah ancaman-ancaman dan gangguan ketertiban atau keamanan tersebut,” tambah Kapolres.

Sebagai salah satu perguruan tinggi di Kota Baubau, UM Buton merasa perlu mengambil bagian penting tersebut. “UM Buton merasa bertanggung jawab untuk mengambil peran dalam merumuskan kajian-kajian akademik terkait penanganan pencegahan gangguan ketertiban dan keamanan kota ini,” kata Rektor Alzarliani.

Kapolres lebih lanjut mengatakan hal Ini menjadi harapan besar dari kepolisian bahwa ada sinergitas antara dunia pendidikan khususnya perguruan tinggi dengan kepolisian dalam menemukan formula yang tepat dalam mencegah dan menanggulangi gangguan-gangguan ketertiban umum dan keamanan di Baubau.

Rektor Alzarliani menambahkan, UM Buton memiliki resources yang ahli di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat termasuk misi dakwah Al Islam Kemuhammadiyahan. Peringkat UM Buton dalam bidang penelitian oleh Kementerian Ristek dan DIKTI berada dalam kluster madya menjadi bukti keahlian tersebut.

Dalam pertemuan itu melahirkan beberapa rekomendasi atau kesepahaman. Di antaranya dilaksanakannya kerjasama dalam bidang penelitian, pengabdian kepada masyarakat secara bersama-sama antara UM Buton dan Polres Baubau. Bersinergi pada sejumlah kegiatan lainnya yang bertujuan mempererat tali silaturahmi antara Sivitas Akademika UM Buton dengan Keluarga Besar Polres Baubau seperti kegiatan-kegiatan sosial, olahraga, keagamaan dan lainnya.

Silaturahmi diakhiri dengan penyerahan secara langsung cenderamata oleh Rektor Al Zarliani kepada Kapolres Hadi Winarno.(YUHANDRI HARDIMAN)
Telah dibaca 191 kali
Berita Terkait
Advertisement