Baubau
10-01-2019  23:53
Didemo, Pelantikan Rektor Unismuh Buton "Ditolak"
Demo penolakan rektor diwarnai pembakaran papan ucapan.FOTO: YUHANDRI.H/TRIBUN BUTON
Warek III: "Tidak Ada Kong-kalikong"
BAUBAU, TRIBUN BUTON


PELANTIKAN Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Buton, Wa Ode Alzarliani SP MM, diwarnai aksi demonstrasi. Mahasiswa yang tergabung dari IMM, GMPK dan BOM Kepton menolak proses pelantikan, Kamis 10 Januari 2018.

Koorlap aksi, Zul dalam orasinya menyerukan proses pelantikan rektor baru agar dihentikan. Rektor yang terpilih dinilai tidak memenuhi syarat Al-Islam Kemuhammadiyahan (AIK).

"Jangan main-main dengan negeri Buton negeri beradat kami sumpahi," katanya.

Sementara proses pelantikan berlangsung, terjadi sedikit gejolak di luar. Terjadi perdebatan antara Ketua BOM Kepton, LM Roziq Arifin dan Warek III.

"Wa Ode Al Zarliani SP MM tidak lolos AIK," protes Rozik.

Menurut dia, rekomendasi ke PP Muhammadiyah seharusnya calon rektor yang lolos AIK saja. Hal ini dinilai cacat dan diduga ada kong-kalikong.

Warek III Bidang Kemahasiswaan, Samsul Bahari SE MSi, terlibat dialog, membantah ada kong-kalikong antara PPM dan PWM. Menurut dia, pertimbangan dan rekomendasi PWM sudah disetujui PP-Muhammadiyah berdasarkan hasil rapat bersama yang sifatnya internal.

Pada demonstrasi penolakan itu, mahasiswa yang tergabung dari IMM, GMPK dan BOM Kepton, membakar ban dan membakar semua papan ucapan selamat atas pelantikan rektor Unismuh Buton.(YUHANDRI HARDIMAN)
Telah dibaca 216 kali
Berita Terkait
Advertisement