Buton Utara
10-01-2019  17:51
5.875 Penduduk Luar Masuk Butur
Asri/www.tribunbuton.com
BURANGA, TRIBUNBUTON
SEBANYAK 5.875 orang penduduk daerah lain masuk dan jadi warga Buton Utara (Butur) untuk tiga tahun terakhir ini. Jumlah itu hampir sebanding warga Butur yang memilih pindah kependudukan ke daerah lain.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Butur, Asri, menjelaskan tahun 2016 kurang lebih 231 penduduk masuk ke Butur. Tahun 2017 sebanyak 2.771 dan tahun 2018 sebanyak 2.873.

"Ditotalkan penduduk datang di Butur sebanyak 5.875," kata Kepala Dukcapil Butur, Asri ditemui di ruang kerjanya, Rabu 9 Januari 2019.

Imam besar Mesjid Raya Ataqwa Kulisusu ini menuturkan, Dukcapil tidak bisa melarang warga lain masuk dan menjadi penduduk Butur selama syarat administrasi lengkap.

"Penduduk masuk di Butur bisa saja mencari pekerjaan, menikah dan faktor lain. Begitu pula tidak bisa kita melarang orang keluar Butur pindah kependudukan," ungkapnya.

Asri menambahkan, pembuatan dokumen kependudukan berupa surat pindah apa bila sudah memenuhi syarat pengantar dari desa, serta kartu keluarga aslinya dan alamat tujuan pindah.

"Dukcapil terus bekerja melayani masyarakat secara ekstra. Terkait, warga yang mengurus kartu tanda penduduk, kartu keluaraga dan urusan lainnya. Sekarang sistemnya kita jemput bola ke desa-desa terutama terkait perekaman KTP elektronik, "tandasnya.(#Mawan)
Telah dibaca 68 kali
Berita Terkait
Advertisement