Buton Utara
09-01-2019  12:42
790 Mahasiswa UHO KKN di Butur
Rapat persiapan penerimaan Mahasiswa KKN UHO. FOTO:DARMAWAN/TRIBUN
BURANGA, TRIBUNBUTON
SEBANYAK 790 mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) akan mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Buton Utara (Butur).

Jumlah peserta KKN tersebut menyebar diseluruh pelosok desa Buton Utara, dan rencana penempatan di masing-masing desa berjumlah 10 orang, dengan disiplin ilmu yang berbeda-beda.

Pemerintah Kabupaten Buton Utara mendukung penuh kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) yang penempatanya di Buton Utara (Butur).

Hal ini diungkapkan langsung Bupati Buton Utara, Abu Hasan, saat memimpin rapat persiapan penerimaan Mahasiswa KKN UHO di Aula Bappeda Buton Utara. Selasa, 8 Januari 2019.

"Buton Utara mendapat kesempatan menjadi tuan rumah tempat pelaksanaan KKN UHO. Dan sebagai tuan rumah berharap kepada seluruh jajaran perangkat daerah agar menjadi tuan rumah yang baik, "katanya.

Bupati Butur mengingatkan kepada sleuruh pimpinan OPD, camat dan kepala desa se Kabupaten Buton Utara yang ikut dalam rapat tersebut, untuk terus membangun sinergisitas dalam memperkuat kelembagaan pemerintahan dan mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan melibatkan pihak lain tanpa terkecuali Perguruan Tinggi.

KKN mahasiswa UHO kali ini akan diformulasi sedemikian rupa agar mendapatkan autput dibidang pertanian, perikanan, pengembangan SDM di desa dan membantu melakukan percepatan-percepatan pembangunan didesa, sehingga program ini bisa ditindaklanjuti menjadi sebuah kebijakan di daerah. Autput yg diharapkan adalah ada peningkatan manfaat bagi masyarakat Buton Utara.

"Untuk memastikan kelancaran serta suksesnya kegiatan KKN ini, akan didampingi oleh POKJA pendampingan KKN yang di ketuai oleh Sekda dan beranggotakan seluruh pimpinan OPD Buton Utara, "jelas Abu Hasan.

Sementara itu, perwakilan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Mata Kuliah Umum (MKU) UHO, Yusran mengatakan, tema KKN Mahasiswa UHO penempatan Butur adalah "Pertanian Organik", yang menjadi tema sentral untuk di seluruh desa yang ada di Butur.

"Dengan hadirnya KKN di Butur pihak UHO berharap bisa memberi pengaruh terhadap percepatan-percepatan pengembangan pertanian organik dan pengembangan sektor perikanan dan kelautan di Butur, "katanya.

Yusran memeberkan, rencana awal Bupati Butur meminta jumlah peserta KKN kepada pihak UHO berjumlah 500 orang, namun pihak UHO menamba jumlahnya sampai 790 orang. Menurutnya, ini bagian dari dampak MOU antara Pemda Butur dan UHO.

Rencana substansi tehnis yang menjadi fokus program KKN UHO antara lain adalah program membuat data base tentang pertanian organik, pembuatan peta potensi desa secara partisipatif, pelatihan pembuatan demplot (pupuk organik dan pestisida organik), serta pengolahan produk pertanian dan perikanan (UKM) bekerja sama dengan Dasawisma yang ada di desa.

"Pembekalan umum peserta KKN UHO dalam waktu dekat ini akan mengundang Bupati Buton Utara untuk memberikan materi pembekalan bersama Rektor UHO di gedung Auditorium UHO Kendari, " tandasnya. (#Mawan)
Telah dibaca 94 kali
Berita Terkait
Advertisement