Buton Utara
08-01-2019  18:18
2019, Pemkab Butur Usul Bantuan 360 Unit Bedah Rumah
Armin, SE
BURANGA, TRIBUNBUTON
PEMERINTAH Kabupaten Buton Utara (Pemkab Butur) melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Butur kembali mengajukan usulan sebanyak 360 unit Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) pada tahun 2019.

Bantuan tersebut untuk membedah ratusan rumah tak layak huni di Kabupaten Buton Utara yang akan diusulkan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di Jakarta.

"Tahun 2019 Butur mengajukan usulan untuk dapat bantuan stimulan perumahan swadaya kurang lebih 360 unit, "ujar Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Buton Utara, Armin saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa, 8 Januari 2019.

Ia menjelaskan, bantuan tersebut tinggal menunggu keputusan Menteri PUPR melalui Dirjen Penyedian Perumahan, dan selain itu ada juga usulan bantuan rumah khusus 50 sampai 75 unit.

Program BSPS memiliki tiga kriteria bantuan obyek untuk peningkatan kualitas, pembangunan baru, dan pembangunan prasarana. Rumah yang layak mendapatkan bantuan harus memenuhi sembilan kriteria ketidaklayakan.

"Luas lantai per kapitanya kurang dari 7,2 meter persegi,dan jenis atap rumah terbuat dari daun atau lainnya. Kemudian jenis dinding rumah terbuat dari bambu, lantainya tanah, tak memiliki akses ke sanitasi layak, sumber penerangan bukan listrik, dan tak ada akses ke air minum layak," terang Armin.

Mantan Kadis Pertambangan dan Energi Butur itu menambahkan, tengah merampungkan pendataan rumah tak tak layah huni (RTLH) di daerah itu. Data teranyar sebanyak empat ribu rumah dinyatakan tak layak untuk didiami dibedah secara bertahap.

"Pembedahan rumah tak layak ditinggali secara bertahap. Ini menjadi program prioritas," tandasnya. (#Mawan)
Telah dibaca 59 kali
Berita Terkait
Advertisement