Buton Selatan
18-12-2018  11:56
Korupsi, Bendahara Dinkessos Busel Diputus Satu Tahun Penjara
Dari kiri, Aliamin, H Jafar, Fajar. FOTO:IST/TRIBUN BUTON
KENDARI, TRIBUN BUTON
HARI ini 18 Desember 2018 sekira pukul 11.30 Wita, perkara korupsi No.54/Pid.Sus/2018/PN.Kdi di Dinas Kesehatan Sosial dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Buton Selatan tahun 2015 selesai dibacakan Majelis Hakim yang dipimpin oleh ibu Irmawati Abidin SH MH di PN Tipikor Kendari.

H Djafar SIp yang saat itu menjabat sebagai sekretaris dinyatakan bebas. Sedangkan Aliamin AMK yang saat itu menjabat sebagai bendahara diputus bersalah dengan putusan 1 tahun penjara dan denda Rp 50 juta. Apabila tidak membayar diganti hukuman 2 bulan penjara serta mengembalikan kerugian negara Rp 85 juta. Apabila tidak bisa mengembalikan kerugian negara akan disita hartanya atau diganti kurungan 1 bulan.

Perkara ini adalah rentetan dari perkara korupsi oleh terpidana Drs Hamid MKes yang saat itu sebagai Kepala Dinas. Sehingga Aliamin Amk dan H Djafar SIp didakwa dengan pasal 2 sub Pasal 3 jo. Pasal 18 Undang-Undang Pemberantasan Korupsi jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

"Selaku penasihat hukum saya Imam Ridho Angga Yuwono, SH dan Achmad Fajar, SH merasa putusan Hakim telah menyentuh sisi keadilan, karena Terdakwa H. Djafar, S.Ip benar-benar tidak menikmati uang negara, bahkan malah dirugikan pada saat merehabilitasi kantor dinas di tahun 2014-2015, sedang Aliamin, AMK terpaksa mengeluarkan uang kas untuk diberikan kepada Terpidana Drs. Hamid. Kami sangat mengapresiasi pertimbangan hukum majelis hakim," tutupnya.(YUHANDRI HARDIMAN)
Percakapan Obrolan Berakhir
Ketik pesan...

Telah dibaca 200 kali
Berita Terkait
Advertisement