Wakatobi
11-12-2018  07:31
Ibu Hamil Tak Mampu di Wakatobi Diberi Kemudahan
FOTO:DURIANI/TRIBUNBUTON
WAKATOBI, TRIBUN BUTON
BERBAGAI program kesehatan yang diperuntukkan kepada masyarakat tidak mampu terus digelorakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Diantaranya yakni Jaminan Persalinan (Jampersal). Program yang dimotori Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Wakatobi itu. Sudah memberikan kemudahan kepada ratusan masyarakat tidak mampu khususnya ibu hamil yang hendak melakukan persalinan.

"Program ini diperuntukkan kepada pasien ibu hamil yang ingin melahirkan namun tidak memiliki kartu BPJS dan kartu kesehatan lainnya," ungkap Rosmina, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Wakatibi di Wangi-Wangi, Senin (10/12/2018).

Dikatakannya, bahwa dalam pelaksanaan program itu pihaknya membuka atau mempersiapkan rumah tunggu kelahiran (RTK) dibeberapa Puskesmas. Namun jika pihak Puskesmas mengalami hambatan dalam penanganan seperti minimnya fasilitas maka pihak Puskesmas bisa memberikan rekomendasi rujukan.

"Jika Puskesmas yang telah disiapkan RTK minim fasilitas. Maka pihak Puskesmas bisa memberikan rekomendasi rujukan ke RSUD Wakatobi. Karena kita telah membuat MoU dalam penanganannya," jelas Rosmina.

Sejauh ini lanjut Rosmina, pihaknya telah melakukan pelayanan kepada ratusan masyarakat khususnya ibu hamil untuk proses persalinan.

"Sampai bulan November 2018 ini kita sudah melakukan pelayanan Jampersal sebanyak 72 orang ibu hamil. Untuk tahun 2017 lalu, ada sekitar 80 orang lebih," pungkas Rosmina. (Duriani)
Telah dibaca 170 kali
Berita Terkait
Advertisement