Buton Utara
04-12-2018  13:31
Meningkatkan Wawasan, PKK Butur Studi di BPTP
Penyerahan cendera mata. FOTO:DARMAWAN/TRIBUN BUTON
BURANGA, TRIBUNBUTON
Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan wawasan terkait dengan pengembangan dan pemanfaatan lahan pekarangan,
jajaran Penggerak PKK Kabupaten Buton Utara (Butur) studi banding di Balai Pengkajian dan Pengembangan Tanaman Pangan (BPTP), Kota kendari, Senin (3/12).

Rombongan TP-PKK yang dipimpin langsung Ketua TP PKK Kabupaten Buton Utara, Hj. Siti Rabiah Abu Hasan dan didampingi dengan Kepala Dinas Ketahan Pangan Kabupaten Buton Utara, Sahrun Akri.

Kunjungan itu diterima langsung oleh Kepala Tata Usaha BPTP, Dahya, diruang kerjanya dan setelah itu langsung menuju tempat pembibitan tanaman pangan dan hortikultura.

Ketua TP PKK Butur, Siti Rabiah Abu Hasan, mengatakan kunjungan itu hanya berlangsung selama sehari saja. Kantor BPTP dipilih sebagai lembaga yang konsentrasinya lebih pada bagaimana penyediaan bibit yang baik dan cara penanaman yang tepat.

"Apalagi ini merupakan satu-satunya instansi yang dipercaya untuk menyediakan bibit dan model pengolahan lahan tanam yang bisa tumbuh dengan subur, "katanya.

Istri Bupati Butur inj menjelaskan, tujuan kunjunganya untuk melihat langsung bagaimana cara membuat Tanaman hidroponik, taman agro inovasi yang di dalamnya terdiri dari berbagai macam tanaman pangan dan hortikultura yang di tanam secara organik seperti kacang ijo, jagung dan berbagai macam sayuran dan buah serta kebun benih induk.

Selain itu juga, ia katakan, kunjungan tersebut untuk menyerap ilmu dan akan diaplikasikan dalam bentuk program kegiatan yang akan diterapkan kepada seluruh Tim Penggerak PKK Kecamatan maupun desa.

"Kita melihat langsung tanaman-tanaman langkah yang di lestarikan agar tidak punah, termasuk di dalamnya 23 macam padi lokal asal Buton Utara, pisang bangka, dan pisang madu, "ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Tata Usaha BPTP, Dahya, menyambut baik kedatangan TP-PKK Buton Utara yang mau datang untuk belajar dan melihat langsung semua tanaman pangan dan hortikultura.

"kami juga berterimakasih sudah berkunjung, dan kami berharap bisa kita kerjasama dan selalu berkordinasi dalam pengembangan tanaman dilapangan, "tandasnya. (#Mawan)
Telah dibaca 55 kali
Berita Terkait
Advertisement