Baubau
25-11-2018  01:42
BAUBAU Berinovasi, Monianse: Jangan Meniru
BAUBAU, TRIBUN BUTON
Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Daerah Kota Baubau menggelar
Replikasi Inovasi Daerah Kota Baubau. Kegiatan ini digelar guna mendapatkan Replikasi Inovasi Baru, guna mewujudkan pengembangan pembangunan Kota Baubau.

Tidak tanggung-tanggung, Balitbang Kota Baubau menghadirkan tiga Narasumber inspirator, Drs Safrizal ZA MSi Kepala Litbang Inovasi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Prof Ma'aruf Kasim PHd Praktisi/Akademi UHO Kendari, dan Dr Marsudi SE MSi dari Kementerian Dalam Negeri.

Wakil Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse SPd yang hadir membuka secara resmi kegiatan tersebut, mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi Balitbang Kota Baubau ini. Ia mendorong agar Balitbang terus berbuat, lebih kreatif, serta lebih inovatif lagi kedepannya.

Pria yang juga merupakan mantan aktivis LSM ini mengingatkan, untuk tidak menggunakan replikasi tiruan dari daerah lain. Sebab menurutnya, dapat berdampak negatif pada pengembangan Kota Baubau kedepan.

"Karena replikasi yang meniru daerah lain ini tidak akan menghadirkan inovasi baru. Melainkan mengkopi karya daerah lainnya, tanpa adanya ide-ide yang menginovasi serta tidak kreatif," tegasnya.

Ia menyebutkan, replikasi yang tiru meniru dari daerah lain akan berdampak negatif, tidak akan menghadirkan inovasi-inovasi baru, tidak kreatif, malas, dan selalu mau yang instan.

"Dia yang tidak menghadirkan ide-ide, lalu kemudian dijadikan sebagai inovasi, maka dia bukanlah orang cerdas," tegasnya.

Monianse berharap, seluruh komponen, maupun stakeholder ikut terlibat dalam memberikan inovasi, untuk pengembangan Kota Baubau.

"Saya kira seluruh komponen bisa mendukung kegiatan ini, karena nanti akan ada replikasi pelayanan publik," harapannya.

Dalam kesempatan itu Monianse juga mengungkapkan keinginannya untuk menjadikan Kota Baubau setara dengan kota-kota besar lainnya. (# Mira - Redaksi)
Telah dibaca 183 kali
Berita Terkait
Advertisement