Baubau
24-11-2018  11:29
Sepanjang 2018, DPRD Butur Hasilkan Enam Perda Inisiatif
Penandatanganan penetapan Raperda menjadi Perda.
BURANGA, TRIBUN BUTON
Kinerja Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buton Utara (Butur) patut diapresiasi, pasalnya, sepanjang tahun 2018 telah mengusulkan enam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda). Keenam Raperda ini, telah ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (perda).

Wakil Ketua DPRD Buton Utara Sujono menuturkan, Peraturan Daerah mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik. Tetapi, juga sebagai wujud perlindungan terhadap masyarakat, dalam mencapai kesejahteraan.

Olehnya itu, DPRD Butur menginisiasi enam Raperda, yaitu standar pelayanan minimum bidang pemerintahan, pengelolaan barang milik daerah, izin lingkungan, kesehatan ibu, bayi baru lahir, dan anak balita, perlindungan guru, dan pendidikan baca tulis alquran.

Bupati Butur Abu Hasan menjelaskan, eksekutif mengusulkan tiga usulan Raperda tentang pemungutan pajak hiburan, penyelenggaran penanaman modal, dan retribusi pelayanan pelabuhan.

Mantan Karo Humas Pemprov Sultra itu menambahkan, Butur merupakan daerah yang sangat potensial dalam memacu sektor hiburan, sebagai bagian kemajuan sektor Pariwisata, yang tentunya berbasis budaya.

"Berbagai penyelenggaraan hiburan baik dalam bentuk tontonan, pertunjukan, permainan, atau keramaian yang dapat dinikmati dapat dipungut bayaran. Sehingga dengan adanya Peraturan Daerah ini, akan menjadi dasar hukum dalam melakukan pungutan, yang pada akhirnya menjadi salah satu sumber pendapatan asli daerah," urainya. (* Dar)
Telah dibaca 57 kali
Berita Terkait
Advertisement