Baubau
15-11-2018  21:16
Pemkot Baubau Gelar Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah
BAUBAU, TRIBUN BUTON
Pemerintah Kota Baubau melalui Sekretariat Daerah (Setda) Bagian Kesra menggelar pelatihan penyelenggaraan jenazah. Pelatihan telah digelar selama tiga tahun terakhir, dan kali ini melibatkan sekitar 100 peserta dari 43 Kelurahan di Kota Baubau.

Pelatihan dibuka oleh Asisten I Setda Kota Baubau La Ode Aswad SSos MSi, mewakili Walikota Baubau. Didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Baubau Drs H LM Kariu, yang juga bertindak sebagai Pemateri.

Tujuan Pelatihan penyelenggaraan jenazah adalah memberikan pengetahuan dan tata cara penyelenggaraan jenazah menurut syariat Islam, dan adat istiadat, atau budaya Buton. Selain itu juga, guna menghindari simpang siur informasi budaya yang ada.

Kepala Bagian Kesra Setda Kota Baubau Asmahani mengatakan, kwalitas penyelenggaraan jenazah yang ada di Kota Baubau masih sangat minim, terutama dari kaum perempuan.
Khususnya dalam memandikan jenazah, hal ini disebabkan karena faktor pengetahuan yang sangat kurang.

"Untuk kaum perempuan dalam memandikan jenazah itu masih sangat kurang,biasanya untuk satu orang yang meninggal, kadang untuk satu orang itu berapa kedukaan, dan kalau bisa jangan semua laki-laki," pintanya.

Lanjut Asmani, kader dari perempuan untuk memandikan itu sangat kurang di Kota Baubau.

"Apa karena faktor belum menampakan keilmuan dalam memandikan jenazah, atau juga ada yang tahu caranya, tapi takut untuk memandikan jenazah," ucapnya.(#Iphul / Redaksi)
Telah dibaca 107 kali
Berita Terkait
Advertisement