Baubau
09-11-2018  05:40
"Mau Bekerja Diluar Negeri?, Lewat Jalur yang Benar"
BAUBAU, TRIBUN BUTON
Dinas Tenaga Kerja menggelar sosialisasi Penempatan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Keluar Negeri. Sosialisasi dibuka Wakil Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse, di salah satu aula pertemuan di Kota Baubau.

Monianse mengatakan, melalui sosialisasi ini TKI bisa mengetahui informasi, dan mengikuti jalur yang benar, atau jalur resmi mencari pekerjaan diluar Negeri.
Pemerintah, kata Monianse berharap, digelarnya sosialisasi ini, perangkat Pemerintah sampai dengan tingkatan bawah bisa menyosialisasikan ke masyarakat.

Lebih lanjut Ketua PDIP Kota Baubau ini mengingatkan, bila hendak bekerja diluar Negeri, harus mengikuti prosedur yang benar. Memiliki dokumen Imigrasi,dan mengikuti Pelatihan.

Kata dia, harus ada tahapan, apa yang harus dilakukan, berurusan dengan instansi, atau pihak siapa saja,"jangan sampai ada calo-calo supaya mereka (TKI) juga terlindungi," kata bang Moni, sapaan akrab La Ode Ahmad Monianse.

Sosialisasi kala itu melibatkan para Camat, Lurah, serta Ketua-Ketua RT/RW se Kota Baubau. Dihadiri Kepala LP3TKI Sultra,Kepala Imigrasi kelas III, Pejabat eselon III dan IV Kota Baubau.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Zarta SE MSi mengatakan, kerap terjadi, TKI di Indonesia berangkat bekerja keluarga Negeri tanpa melalui prosedur, tidak memiliki dokumen resmi. Sehingga Dinas Tenaga Kerja mengambil langkah, untuk menggelar sosialisasi, agar prosedur dapat dilaksanakan sesuai dengan aturan.

Ia mebambahkan,penempatan TKI keluar Negeri, dapat melalui LP3TKI (Lembaga Pelayanan Penempatan dengan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia). (# Ipul/Redaksi)
Telah dibaca 90 kali
Berita Terkait
Advertisement