Buton Utara
05-11-2018  16:25
Bupati Butur Resmikan Sarana Air Bersih di 5 Desa
Peresmian sarana air bersih di 5 desa dengan ditandai pemotongan pita oleh Bupati Butur Abu Hasan. DARMAWAN/TRIBUN BUTON
BURANGA, TRIBUNBUTON

Bupati Buton Utara Abu Hasan meresmikan sarana air bersih di 5 desa yang terletak di Kecamtan Wakorumba Utara, Kabupaten Buton Utara (Butur), Sabtu 3 November 2018.

Sarana air bersih yang diresmikan itu yakni Desa Labuko, Desa Lasiwa, Desa Labaraga, Desa Labajaya dan Desa Laeya. Kegiatan ini terselenggara atas swadaya masyarakat desa atas dukungan dari Yayasan Sintesa - BFDW German.

Dalam kesempatan itu, dewan pendiri Yayasan Sintesa Muhlis Rauf, SH mengungkapkan, program air bersih sudah diselenggarakan 76 program air bersih desa di seluruh Indonesia.

"Untuk pertama kali Buton Utara mendapat bantuan, ini merupakan bentuk dukungan Sintesa dalam pelaksanaan pertanian organik di Kabupaten Buton Utara, "katanya.

Sementara itu, Bupati Butur Abu Hasan dalam sambutanya mengatakan, sangat mengapresiasi program air bersih masuk desa. Karena ini menurutnya, bisa membantu masyarakatnya dalam meningkatkan perekonomian di desa.

"Air bukan hanya untuk mandi dan memasak saja, tapi bisa di jadikan peluang bisnis masyarakat untuk meningkatkan pendapatan masyarakat. Karena di era sekarang ini kita dituntut untuk kerja keras dan menghasilkan sesuatu yang positif untuk menunjang kesejahteraan, "ungkapnya.

Mantan Karo Humas Pemrov Sultara ini menambahkan, pemerintah saat ini sedang menyelesaikan Peraturan Daerah untuk Badan Usaha Milik Daerah, sehingga nantinya kekuatan Bumdes akan ditopang oleh kekuatan Badan Usaha Milik Daerah.

Tahun 2018 pemerintah telah memberikan bantuan subsidi optimasi lahan pertanian sekitar 400 Ha, subsidi pupuk, bibit dan akan membantu dalam hal pemasaran.

"Pemerintah optimis kedepan Buton Utara akan menjadi sala satu kabupaten yang bisa mengejar ketertinggalan dengan daerah- daerah dan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di Sultra, "tandasnya. (#Mawan)
Telah dibaca 36 kali
Berita Terkait
Advertisement