Wakatobi
26-10-2018  18:28
Genjot PAD, Pemkab Wakatobi Gelar Workshop
WAKATOBI, TRIBUN BUTON
Untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Wakatobi, Dinas Pajak dan Retribusi  melakukan Workshop  Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PPAD). Workshop digelar di salah satu aula pertemuan di Wangi-Wangi, Jum'at (26/10).

Pemateri dalam workshop tersebut Dr Marja Sinurat MPd MM. Dihadiri Bupati Wakatobi H Arhawi, Kepala Dinas Pajak dan Retribusi Daerah Wakatobi Syamsul Bahri, Camat, Kepala Desa, Kolektor Pajak se- Wakatobi.


Arhawi dalam kata sambutannya mengatakan, kemajuan Daerah merupakan hal yang harus dipikirkan, diwujudkan bersama. Oleh karena itu, perlu ada kontribusi dari kalangan Kepala OPD, Camat, Kepala Desa, Lurah ,Kolektor, dan seluruh masyarakat Wakatobi.

"Harus ada kerja sama antara Pemerintah dan masyarakat dalam membantu peningkatan pendapatan asli daerah kita," ungkap Arhawi.

Ia berharap, usai Workshop, para Kepala OPD, Kolektor, Kepala Desa bisa membantu Pemerintah Kabupaten Wakatobi membina masyarakat, agar bisa melakukan hal yang dapat membangun Wakatobi menuju daerah maritim dan berdaya saing.


Kepala Dinas Pajak dan Retribusi Daerah Wakatobi Syamsul Bahri mengatakan, PAD merupakan indikator untuk mengukur
Kemampuan otonomi Daerah.Untuk itu, inisiatif diserahkan kepada Daerah yang bersangkutan untuk menentukan kebijakan, perencanaan dan pelaksanaan, maupun pembiayaan program, yang tersebar di daerahnya masing-masing.

"Keberhasilan menggali sumber keuangan merupakan salah satu faktor yang menentukan tetapan otonomi daerah yang  bersumber dari PAD," ungkapnya.

Lanjutnya, untuk meningkatkan PAD Wakatobi, harus mempunyai kesatuan gerak dan  langkah, baik dari kalangan Kolektor, Camat, Kepala Desa,dan masyarakat. Untuk kemajuan Wakatobi kedepan.

"Yang menentukan PAD Wakatobi adalah kita sebagai masyarakatnya. Jadi sangat penting bagi kita untuk menyampaikan sesama kita dalam mentaati pajak dan retrebusi Daerah," tutup Sysmsul Bahri.

Salah seorang peserta Workshop Rusniati berterima kasih kepada Dinas Pajak dan Retribusi Daerah Wakatobi. Telah menggelar Workshop PAD.Menurutnya, melalui kegiatan ini, Ia dapat mengetahui pentingnya taat pada Pajak dan Retribusi Daerah.Sehingga Wakatobi kedepannya bisa bersaing dengan daerah-daerah lain.

"Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Dinas terkait, yang melakukan kegiatan seperti ini. Sehingga untuk memajukan Wakatobi kedepan, perlu ada kesadaran dari kita semua," ungkapnya. (# La Ode Samsudin)
Telah dibaca 159 kali
Berita Terkait
Advertisement