Muna
17-10-2018  13:45
PPK Lawa Sosialisasi Gerakan Melindungi Hak Pilih
MUBAR, TRIBUN BUTON
Dalam rangka menyukseskan Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP),Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK) Lawa Kabupaten Muna Barat (Mubar) menggelar sosialisasi. Dalam sosialisasi ini melibatkan Pemerintah Kecamatan Lawa.

Ketua PPK Lawa Lamaya mengatakan, GMHP memastikan setiap warga negara Indonesia memiliki hak, telah terdaftar sebagai pemilih. GMHP diselenggarakan juga untuk menyempurnakan hak daftar pemilih (DP), yang terpercaya, dan berkwalitas.

"Agar dalam momentum Pemilu 2019 nanti mereka tidak kehilangan hak pilih. Secara efektif GMHP dimulai sejak tanggal 1 Oktober sampai dengan 28 Oktober," kata Lamaya, ditemui di ruang kerjanya, Rabu (17/10).

Kegiatan ini menindaklanjuti surat dari KPU RI, dalam proses penyempurnaan data yang dilakukan,pertama meliputi mengeluarkan data pemilih dari DPTHP-1. Apabila ditemukan pemilih yang tidak memenuhi syarat, Pemilih yang tidak memenuhi syarat kemudian akan dikeluarkan dari DPTHP-1, yakni dalam kategori ganda, meninggal dunia, belum menikah, dan belum mencapai usia 17 tahun

Kedua, proses penyempurnaan dengan memperbaiki elemen data pemilih.

Ketiga, memasukkan data pemilih apabila ditemukan belum terdaftar, proses ini masih berjalan ditingkat PPS.

"Kami terus mensosialisasikan GMHP ini, supaya timbul partisipasi aktif dari masyarakat
untuk memastikan diri telah terdaftar",jelas Lamaya.

Camat Lawa Lasahara SE mengatakan, kegiatan Launching Gerakan Memenuhi Hak Pilih sangat membantu Pemerintah serta masyarakat untuk melindungi hak pilih.
(# La Ode Safarudin)
Telah dibaca 28 kali
Berita Terkait
Advertisement