Baubau
13-10-2018  10:43
Monianse Hadiri Pesta Ritual Adat Tuturangiana Batupoaro
BAUBAU, TRIBUN BUTON
Wakil Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse menghadiri ritual Tuturangiana Batu Poaro. Ritual yang digelar setiap tahun dalam momen peringatan Hari Jadi dan HUT sebagai daerah otonom Kota Baubau ini digelar, Sabtu (13/10), di pelataran Islamic Center, Kelurahan Wameo Kecamatan Batupoaro.

Tuturangiana Batu Poaro diawali dengan pembacaan Kabanti atau syair bijak, berisi pesan bermakna. Kabanti ini disuarakan dengan menggunakan bahasa Wolio, menceritakan kisah asal mula Batupoaro yang dipercayai sebagai salah satu batu pijakan Syeikh Abdul Wahid. Kabanti dilantunkan Wa Ode Asmah.

Sebelum prosesi ritual, Monianse mewakili Pemerintah Kota Baubau, Walikota Baubau, mengisahkan,
perjalanan spiritual Abdul Syeikh Wahid yang menjadikan Batupoaro sebagai batu pijakan, yang merupakan peninggalan sejarah yang masi bisa dilihat hingga sekarang.
"Batupoaro ini merupakan pijakan peninggalan sejarah yang masih bisa kita lihat hingga saat ini, " katanya.

Dengan adanya prosesi ritual, kata Monianse, dapat meningkatkan kepedulian masyarakat, agar dapat berpartisipasi dalam setiap kegiatan Budaya Buton. Yang berlandaskan IIslami, dan saling membantu satu sama lain, serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

"Adapun nilai-nilai budaya kita ini yang saling tolong menolong dan membantu, dalam lingkungan masyarakat, "tutupnya. (# Mira/Redaksi)
Telah dibaca 111 kali
Berita Terkait
Advertisement