Wakatobi
06-10-2018  18:32
Festival Pulau Tomia Pameran Kerajinan Dari Bambu
Gbr 1. Anggota DPD RI Wa Ode Hamsina Bolu melihat lebih dekat hasil kerajinan dari bambu. Gbr 2. IKON saat pose bersema dengan pihak Pemda Wakatobi. FOTO:SAMSUDIN/TRIBUN BUTON
WAKATOBI,TRIBUN BUTON
INOVASI Kreatif Kolaborasi Nasional (IKON) menggelar pameran hutan bambu, pada iven Festival Pulau Tomia, Sabtu 6 Oktober 2018. Pameran hutan bambu berlangsung di Desa Kahiyanga, Kecamatan Tomia Timur, Kabupaten Wakatobi.

Ardi Nugraha selaku Stering Komite IKON mengatakan, pameran hutan bambu sengaja dilakukan pada festival Pulau Tomia. Masyarakat Desa Kahiyanga memiliki komunitas kreatif. Salah satunya pengrajin bambu.

"Selain merupakan finalis dari kegiatan IKON, di mana harus mengadakan Pameran, kami tahu di sekeliling Hutan Bambu banyak Masyarakat yang memiliki Komunitas Kreatif salah satunya perajin bambu," katanya di sela-sela kegiatan.

Pameran yang digelar di hutan bambu berupa pemutaran film edukasi tentang lingkungan dan pameran kerajinan tagan dari bambu. Dilakukan juga pelayanan kopi khayangan, semua transaksi menggunakan koin femba (bambu, red).

Rangkaian pameran dilakukan di daratan. Tujuannya agar semua tahu bahwa Wakatobi tidak hanya kaya akan terumbu karang, tetapi kaya dengan potensi alam misalnya hutan bambu.

"Salah satunya Pameran Hutan Bambu, di mana dulunya hanya sebagai sarang Nyamuk dan sekarang kami merubahnya menjadi salah satu area wisata untuk di kunjungi," katanya.

Lanjut Ardi, setelah pameran hutan bambu pihaknya berharap masyarakat Wakatobi bisa menjaga dan melestarikanya.# La Ode Samsuddin#
Telah dibaca 175 kali
Berita Terkait
Advertisement