Baubau
25-08-2018  17:04
Warga Kantalai Bolak Balik Angkut Air Karena Mesin Rusak
Salah seorang Bapak memikul air di Kelurahan Kantalai. Ia harus menempuh jarak sekitar 1 KM dari sumber mata air menuju rumahnya.
BAUBAU, TRIBUN BUTON
Sudah berjalan sepekan ini warga Kelurahan Kantalai Kecamatan Lea-Lea Kota Baubau mengangkut air menggunakan sepeda motor, juga angkut manual. Mengandalkan air bersih langsung dari mata air.

Diterangkan salah seorang warga Kantalai Nining, hal ini disebabkan terjadi kerusakan pada mesin air PDAM Kota Baubau, yang selama ini difungsikan untuk mengalirkan air ke rumah-rumah warga. Kata Nining mesin ini tak hanya diandalkan untuk memenuhi kebutuhan air warga Kantalai, namun juga warga Lowu-Lowu, Kalia-Lia, Kolese, juga warga Pulau Makassar.

Menurut Nining, ada dua mesin yang selama ini difungsikan mengalirkan air, salah satunya rusak parah, hingga peralatannya harus didatangkan dari luar Daerah. Kata Nining, pihak PDAM hingga kini melakukan perbaikan, namun belum juga menunjukan hasil maksimal.

Warga masih harus bolak-balik mengangkut air langsung dari sumber mata air, karena mesin belum juga bisa difungsikan seperti sedia kala.

"Pertama 3 hari kak air mati. Abis itu tanggal 21 mengalir lagi satu hari sja.
Pas tanggal 23 mati lagi, sampe skarang blom mengalir lagi," kata Nining.

Nining bersama warga lainnya, sangat berharap mesin tersebut dapat segera difungsikan kembali. (La Mim)
Telah dibaca 161 kali
Berita Terkait
Advertisement