Baubau
17-08-2018  14:32
Tujuh Penghuni Lapas Kota Baubau Dibebaskan
Wahyu Prasetyo
BAUBAU, TRIBUN BUTON
TUJUH penghuni Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) kelas II A Kota Baubau dinyatakan bebas. Ketujuh napi mendapatkan remisi di HUT Kemerdekaan RI ke-73.

Hal itu diungkapkan Kalapas kelas II A Kota Baubaua, Wahyu Prasetyo BC IP SSos, ditemui usai kegiatan pemberian acara pemberian remisi sejumlah warga binaan Lapas Kota Baubau, Jumat 17 Agustus 2018. Semua usulan Lapas Baubau disetujui karena memenuhi syarat.

"Yang kita usulkan RU 1 tadi 283, turun semua allhamdulilah, kemudian RU 2 atau yang pada hari ini langsung bebas berjumlah tujuh orang," kata Wahyu Prasetyo.

Warga binaan yang diusulkan oleh pihaknya untuk mendapatkan remisi atau pengurangan masa hukuman, merupakan warga binaan yang murni memenuhi persyaratan untuk diusulkan dan dilakukan secara online. Sehingga untuk kemungkinan pihaknya menambah atau mengurangi kuota warga binaanya untuk mendapatkan remisi itu tidak akan mungkin terjadi. Remisi yang diberikan oleh Direktorat Jendral Pemasyarakatan ini merupakan salah satu bagian dari sistem pembinaan.

"Bisa di bayangkan saudara kita yang menjalankan binaan tanpa pengharapan, dia sudah tau akan menjalankan hukuman 10 tahun, dia mau berbuat baik, mau berbuat jahat didalam danntidak ada pengharapan," jelasnya.

Lanjut, latar belakang warga binaan yang mendapatkan remisi dari berbagai kasus pidana umum dan untuk warga binaan kasus Korupsi hingga saat ini belum ada yang mendapatkan remisi, pasalnya mereka harus membayar denda dengan sejumlah rupiah atas perbuatan yang dilakukannya. Warga binaan kasus teroris juga tidak mendapatkan remisi tahun ini, dikarenakan warga binaan tersebut enggan menandatangani pernyataan setia kepada NKRI.

"Atas nama Ikhsan, terpidana teroris lama hukuman tiga tahun, sekarang sudah berjalan hampir dua tahun dan sebenarnha sudah layak mendapatkan remisi, namin dia tidak mau menandatangani pernyataan kesetiaan NKRI,sehinggabtidak memenuhi syarat untuk remisi," tutupnya.

Untuk diketahui, warga binaan yang mendapat remisi satu bulan berjumlah 69 orang, remisi dua bulan 55 orang, remisi tiga bulan 87 orang, remisi empat bulan 50 orang, remisi lima bulan 17 orang, remisi enam bulan 7 orang, ditambah 5 orang kasus narkoba yamg mendapatkan remisi atau potongan masa binaan dilapas II Kota Baubau.(*/PRASETIO/YHD)
Telah dibaca 74 kali
Berita Terkait
Advertisement