Nasional
09-07-2018  22:51
Jelang Pilpres dan Pilkada Serentak, TNI AD Jaga Netralitas
JAKARTA, TRIBUN BUTON – Dalam perhelatan Pilkada Serentak 2018 maupun tahapan pemilihan Legislatif dan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, TNI AD senantiasa menjaga dan memegang teguh Kenetralitasan TNI. Hal ini tidak terlepas dari komitmen TNI AD yang sering di sampaikan Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD).
Pernyataan ini jelas disampaikan Kadispenad Brigjen TNI Alfret Denny D. Tuejeh dalam keterangan resminya di Mabesad, Jum’at (22/06). Brigjen TNI Alfret Denny D. Tuejeh dalam amanatnya “Bagi TNI AD netralitas merupakan jiwa, nafas, dan sikap prajurit. Tidak hanya itu terkait dengan pesta demokrasi namun juga dalam kehidupan keseharian ,baik dalam kedinasan maupun dalam berkehidupan di sosial kemasyarakatan,” tegasnya.

Selanjutnya, dalam menyikapi keikutsertaan para purnawirawan dalam Pilkada,Kadispenad juga menerangkan bahwa sebagaimana telah diatur dalam UUD 1945 dan UU TNI No. 34 tahun 2004,TNI AD tidak pernah terlibat maupun melibatkan diri dan dilibatkan dalam pusaran politik praktis.

“Saya ingatkan kembali,tugas TNI Mempertahankan, Melindungi, dan Memelihara Keutuhan serta Kedaulatan NKRI. Adapun tugas dan peran serta dalam pengamanan pesta demokrasi, sifatnya hanya bantuan dari Polri. TNI tidak punya sedikitpun untuk mempengaruhi proses maupun hasilnya. Kita (TNI AD) senantiasa menempatkan diri diatas kepentingan seluruh rakyat dan bangsa Indonesia”, tutur lulusan Akedemi Militer Angkatan 1998 ini.

Sebelum mengakhiri, atas nama TNI AD, Kadispenad juga sangat mengharapkan agar seluruh komponen bangsa untuk menjaga keamanan dan nyamanan dalam Pilkada serentak dan juga Kadispenad menegaskan untuk menghentikan sorotan atau polemik netralitas TNI.(nvl/ddg/red)

(Sumber:www.krakataunews.com)
Telah dibaca 85 kali
Berita Terkait
Advertisement