Buton Utara
15-05-2018  11:06
Ini Rekomendasi DPRD Butur Terhadap LKPJ Bupati TA 2017
Bupati Butur Abu Hasan saat memberikan sambutan pada rapat paripurna di gedung serba DPRD Butur. DARMAWAN/TRIBUN BUTON
BURANGA, TRIBUNBUTON
Setelah melewati tahapan pembahasan internal, akhirnya Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Buton Utara (Butur) resmi mengeluarkan rekomendasi terkait Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Butur Tahun Anggaran (TA) 2017.

Rekomendasi tersebut disampaikan dalam rapat paripurna di gedung serba guna sekretariat DPRD Butur, Senin (14/5), dipimpin wakil ketua DPRD Butur Sujono dan dihadiri 11 anggota DPRD Butur, serta Bupati Butur Abu Hasan bersama jajarannya.

Rekomendasi yang dimaksud adalah berupa saran, masukan dan koreksi terhadap laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati Butur terhadap penyelenggara urusan desentralisasi, penyelenggaranya tugas pembantuan dan penyelenggaraan tugas umum pemerintahan, sebagaimana penjelasan Pasal 23 ayat (5) PP Nomor 3 tahun 2007.

Sekertaris Dewan La Nita menjelaskan, Komisi I mengiginkan peningkatan peran kemitraan antara legislatif dan esekustif untuk mendorong instansi teknis dalam meningkatkan kinerja.

Kemudian mendorong peningkatan PAD, dibutuhkan koordinasi lintas OPD, pemerataan tenaga edukatif, kebutuhan tenaga honorer, mengembalikan anggaran pendidikan dan peningkatan fasilitas kesehatan.

Komisi II, lebih mengharapkan peningkatan kerjasama dalam pembangunan, menanggapi dan menindaklanjuti usulan aspirasi masyarakat, merekomendasikan OPD melaksanakan visi misi Bupati, segera menuntaskan pegawai PTT dan DPRD mengharapkan jajaran OPD menyusun program sesuai dengan data-data terutama dengan kebutuhan yang mendesak.

Komisi III, merekomendasikan Dinas PU untuk mediasi dengan Pemda Butur terkait pemeliharaan jalan, pendistribusian tenaga pengajar di sekolah kekurangan tenaga pengajar, peningkatan pelayanan kesehatan, penanggulangan bencana agar lebih diprioritaskan, pemberian apresiasi dan kontribusi pada atlet olahraga, pengembangan tempat wisata, dan peningkatan PAD Butur.

Sementara itu, Bupati Butur Abu Hasan dalam sambutanya menjelaskan, secara umum DPRD telah memberikan apresiasi terhadap laporan pertanggungjawaban bupati baik sisi subtansi maupun dari sisi teknik sistematik penyampaian.

Abu Hasan mengatakan, pada kesempatan ini untuk memberikan bebeberapa tanggapan atas rekomendasi yang disampaikan masing-masing komisi, "tapi sudah barang tentu saya berterima kasih kepada pimpinan Komisi dan seluruh anggotanya yang begitu sungguh-sunguh mengkaji dan menganalisa seluru subtansi materi, sehingga mengeluarkan rekomendasi capaian yang sangat penting," ujarnya.

Jelasnya, pertama tentu mengapresiasi atas rekomendasi agar legislatif dan esekustif secara terus menerus membangun kemitraan terjalin dalam penyelenggaraan pemerintahan. Dalam tugas keseharian antara legislatif dan esekustif berbeda tetapi pada hakekatnya apa yang dilakukan masing-masing dalam rangka mencapai tujuan penyelenggaraan pemerintahan yang baik.(DARMAWAN)
Telah dibaca 60 kali
Berita Terkait
Advertisement