Wakatobi
12-05-2018  08:43
Hearing, Relokasi Pedagang Pasar Sentral Wangsel Ditunda
Hearing Bupati dan DPRD Wakatobi bersama pedagang di area parkir Pasar Wangi-Wangi Selatan
WAKATOBI, Tribunbuton.com
Puluhan pedagang di area parkir Pasar Sentral Wangi-wangi Selatan (Wangsel) mendatangi kantor DPRD Wakatobi untuk 'hearing' rapat dengar pendapat, atas penggusuran yang mereka alami. Hearing dihadiri Bupati Wakatobi H Arhawi, Ketua DPRD Wakatobi, Kadis Perindagkop, dan anggota DPRD dari beberapa fraksi.

Penggusuran pedagang ini dilakukan Dinas Perindagkop Wakatobi untuk penataan area parkir Pasar tersebut, termasuk dengan pemasangan paving block. Sayangnya, lahan relokasi yang ditawarkan Pemkab Wakatobi kepada para pedagang, dinilai kurang representatif.

“Kami masyarakat kecil ini hanya meminta disediakan tempat yang layak untuk berjulaan, bukan seperti tempat yang disediakan sekarang ini,” keluh Mariama sambil menangis, mewakili pedagang lainnya, Jumat (11/5).

Mendengar keluhan para pedagang, anggota DPRD Wakatobi dari Fraksi Gerindra Hj Ernawati Rasyid mengatakan, Pemerintah harus menahan dulu niatnya sementara ini, sebab saat ini adalah waktu menjelang Ramadhan dan Idul Fitri, para pedagang banyak mendapat penghasilan di momentum seperti ini.

“Kalau bisa jangan dulu dikerjakan, inikan menjelang bulan puasa sampai Idul Fitri, pasti momen inilah yang mereka tunggu," tutur Ernawati.

Ia meminta penggusuran ditunda hingga usai Idul Fitri, ketika aktivitas jual beli cenderung lesu.

"Kalau saat itu pasar akan sepi sehingga pekerjaan Pemda tidak terhalang lagi," kata Ernawati, yang didukung penuh para pedagang yang hadir.

Setelah melalui dialog yang cukup lama, akhirnya Bupati Wakatobi H Arhawi memutuskan untuk melakukan penundaan pemasangan paving block di area parkir hingga usai Idul Fitri. (# La Ode Syamsuddin)
Telah dibaca 9 kali
Berita Terkait
Advertisement