Muna
11-05-2018  07:06
Akses Pantai Toronipa Rusak, Butuh Perhatian Pemerintah
Salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Konawe dari pungutan retribusi masuk Obyek Wisata Pantai Toronipa sangat menjanjikan. Namun itu tidak ditunjang dengan akses jalan yang masih rusak, kata Pengamat Pariwisata Sulawesi Tenggara, Muhammad Ali, melalui sambungan telepon langsung dari Pantai Toronipa, Kamis (10/05/2018)

Muhammad Ali menambahkan bahwa kendaraan roda empat yang masuk pintu gerbang Pantai Toronipa rata-rata 200 mobil per hari dan 400 mobil pada hari libur. "Jika per mobil bayar retribusi RP. 30.000, tambah kendaraan roda dua dan karcis masuk perorang RP. 10.000, maka ini angka yang banyak yang diterima negara, seharusnya jalan menuju Pantai Toronopa diperbaiki, sehingga pengunjung bisa nyaman", urai Ketua DPD ASITA Konkep yang juga mantan Pemandu Wisata

Pria yang akan maju CALEG 2019 ini melanjutkan bahwa selain Aksesibilitas, yang perlu dibenahi adalah Atraksi dan Amenitas. "Gazebo dan MCK butuh maintenance karena pengunjung bayar sewa. Pantainya juga tidak dirawat, masih banyak sampah berserahan", kata Sekum Majelis Adat & Budaya Wawonii Sultra.(ali)
Telah dibaca 57 kali
Berita Terkait
Advertisement