Wakatobi
09-05-2018  07:13
Polres Wakatobi Amankan Produsen Arak Lintas Provinsi
WAKATOBI, tribunbuton.com -Personel Polres Wakatobi terdiri dari Sat Reskrim, Sat Intel, dan Sabhara, Selasa (8/5) berhasil mengamankan produsen minuman keras jenis arak yang dipasok tak hanya di wilayah Kabupaten Wakatobi, melainkan juga lintas Provinsi. Berawal dari laporan masyarakat, yang kemudian dilakukan penggerebekan lokasi produksi arak di dalam hutan Desa Numana Kecamatan Wangiwangi Selatan.
Tim Satgas penegakan hukum, prefentif, deteksi dan Satgas bersih yang terdiri dari 28 Personel berhasil mengamankan 9 drum 1.980 liter bahan baku pembuatan arak, berikut alat penyulingan dan panci produksi.

Kabag Ops Polres Wakatobi AKP Saharuddin mengungkapkan, penggerebekan tersebut merupakan operasi Pekat Anoa menjelang Bulan Suci Ramadhan 2018, dengan sasaran miras, sajam, senpi, bahan peledak, narkoba, premanisme, dan kejahatan jalanan.

"Kita mulai sejak tanggal 4 Mei, selama beberapa hari kedepan," ungkap Saharuddin, di TKP.

Ia menjelaskan,penggerebekan ini bermula dari laporan masyarakat terkait adanya kegiatan produksi arak dilokasi tersebut.

"Awalnya ada laporan bahwa ada pabrik (produsen arak, red) disini, terus dilakukan penyelidikan, dan dilakukan pengamanan dari anggota," jelasnya.

Pelaku digelandang ke kantor Polres Wakatobi, berikut seluruh barang bukti, untuk kepentingan penyidikan.

"Kita buatkan laporan Polisi, kalau terbukti akan diproses. Pemusnahannya nanti setelah operasi sebelum lebaran," tambahnya.

Dilokasi yang sama, pemilik tempat produksi arak mengaku, satu drum bahan baku dapat menghasilkan sekitar 70 liter arak.
Kata dia, arak hasil produksinya dipasok hingga ke wilayah Maluku, termasuk juga dipasok ke Kaledupa, Tomia dan Binongko.
Ia menaksir kerugian yang dialaminya, atas penggerebekan ini sekitar Rp 10 juta.
(# La Ode Samsudin)
Telah dibaca 72 kali
Berita Terkait
Advertisement