Muna
03-05-2018  14:32
TMMD 101 Usai, Kasdam XIV/Hasanuddin dan Bupati Mubar Saling Mengapresiasi
LAWORO, tribunbuton.com
TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 101 di Kabupaten Muna Barat (Mubar) telah selesai dilaksanakan. Menuntaskan 29 item kegiatan, di antaranya 18 kegiatan fisik, delapan kegiatan penyuluhan, dan tiga kegiatan bakti sosial bakti sosial (pengobatan massal, donor darah, dan pembagian sembako pada warga yang kurang mampu).

Kegiatan fisik yang dilakukan misalnya, pembuatan drainase, pagar sekolah, perahu muara, dan penataan taman rekreasi ruang terbuka hijau.
Sedangkan kegiatan penyuluhan fokus pada penanaman wawasan kebangsaan, bahaya narkoba, bela negara, hukum, juga penyuluhan kepada buta aksara.

TMMD 101 di Mubar resmi ditutup Kasdam XIV/ Hasanuddin Brigadir Jenderal TNI Budi Sulistijono. Budi mengapresiasi dukungan penuh, sinergitas Pemerintah dan masyarakat Mubar yang bersama-sama menyukseskan TMMD.

Dalam sambutannya di acara ramah tamah Budi juga mengungkapkan rasa bangga dan kekagumannya melihat kemajuan pembangunan Mubar, yang menurutnya dapat terjadi berkat kerjasama Bupati, Wakil Bupati beserta jajarannya, DPRD, Forkopimda, Lembaga/tokoh adat, tokoh masyarakat, bersama seluruh masyarakat.

Masih dalam sambutannya di rumah jabatan Bupati Mubar, Rabu (2/5) Budi mengatakan,
TMMD yang dilaksanakan tiga kali dalam setahun guna lebih mendekatkan TNI dengan masyarakat, karena tanpa masyarakat TNI tidak ada apa-apanya. Juga terus meningkatkan semangat gotong royong, kekeluargaan di tengah-tengah masyarakat.

"Diperlukan kerjasama antara masyarakat secara khusus, dan secara umum seluruh rakyat Indonesia, yang tujuannya untuk menciptakan masyarakat yang sejahtera dan NKRI Jaya," ungkapnya.

Dari laporan Kodim di Wilayah Sultra, kata Budi, Pemkab Muna Barat adalah salah satu yang terbesar dalam mengalokasikan dana untuk kegiatan TMMD, tidak tanggung-tanggung Rp 3.2Miliyar. Atas perhatian dan kerjasama dalam menyukseskan TMMD Budi mewakili Kodam XIV/Hasanuddin menyampaikan rasa terima kasih.

Laporan yang diperolehnya dari Dandim 1416/Muna, Progres TMMD hampir 100 persen. Ia berharap, agar tidak ada pemikiran negatif dalam pelaksanaan TMMD, tetapi dapat dilanjutkan. Pihaknya telah mengarahkan agar Komandan Satgas TMMD menyelesaikan seluruh pekerjaan tersebut.

Bupati Muna Barat La Ode M Rajiun Tumada mengungkapkan rasa terima kasih kepada TNI atas terlaksananya TMMD ke 101. Yang hadir di Mubar dengan berbagai kegiatan, menumbuhkan rasa Cinta Tanah Air, gotong royong, dan kebersamaan dalam membangun Mubar.
Rajiun mengatakan, ketika Ia masih sebagai Penjabat (Pj) Bupati Mubar, 2016 yang lalu TMMD juga dilaksanakan di Mubar, kala itu Pemkab mengalokasikan dana sekitar Rp 800Juta. Kemudian juga kata dia, 2017 dilaksanakan Karya Bakti TNI bekerja sama dengan Pemkab Mubar, tentang masalah ketahanan pangan,"syukur alhamdulillah mendapat percetakan sawah.
Olehnya itu kami atas nama Pemerintah Kabupaten Muna Barat mengucapkan terima kasih," ungkapnya. Rajiun memastikan, Mubar siap menjadi tuan rumah kembali. (# La Ode Syafarudin)
Telah dibaca 59 kali
Berita Terkait
Advertisement