Sulawesi Tenggara
25-04-2018  07:16
Elegan, Pakaian Adat Muna Barat Warnai Karnaval HUT Sultra
KENDARI.tribunbuton.com
Pakaian adat ciri khas Kabupaten Muna Barat (Mubar) cukup menonjol mewarnai karnaval budaya yang digelar dalam rangkaian acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Sulawesi Tenggara yang ke- 54 di Kota Kendari.
Pakaian adat Mubar ini dikenakan dengan elegan puluhan peserta kontingen Mubar, yang tergabung dalam pawai sepanjang dua kilometer, yang diikuti delegasi 17 Kabupaten/Kota se Sultra, Selasa (24/4), di areal tugu religi.

Pantauan Tribunbuton.com, dalam ifen ini Mubar mengutus 170 peserta, yang terdiri dari utusan masing-masing SKPD, serta Lembaga Adat. Sebagai penanggung jawab kontingen Mubar, Bupati La Ode M Rajiun Tumada,dan selaku Ketua kontingen Kepala Dinas Pariwisata Nasir Kola.

Kontingen Mubar kala itu cukup menarik perhatian ribuan pasang mata. Pakaian adat yang dikenakan terbagi menjadi beberapa bagian yaitu, pakaian adat untuk Kapita Lao, dan Bhonto Kapili dan Bhontono Liwu, yang melambangkan pasukan perang dalam wilayah kerajaan dan kiino agama (Mintarano agama), yang terus mempertahankan keutuhan Islam. (# La Ode Safarudin)
Telah dibaca 77 kali
Berita Terkait
Advertisement