Buton Utara
16-04-2018  14:14
107 Koperasi di Butur Dicoret
La Hidi
BURANGA-TRIUN BUTON,
Sebanyak 107 pemilik koperasi di Kabupaten Buton Utara (Butur) dicoret Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Butur. Hal itu disebabkan pelaporan Rapat Anggota Tahunan (RAT) sudah tak pernah dilakukan (tidak aktif).

Sesui catatan Dinas Koperasi, UKM, dan Tenang Kerja Butur, dinyatakan masih aktif tersisa 72 koperasi. Dari jumlah tersebut, yang sudah melaporkan RAT, baru berjumlah 16 koperasi.

Pelaporan RAT bagi setiap koperasi merupakan sebuah keharusan. Jika itu tak dilakukan, maka Kementerian terkait secara otomatis akan melakukan pembubaran.

"Hal itu kewajiban setiap koperasi untuk melakukan perubahan, "kata Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Tenaga Kerja Butur La Hidi ditemui di ruang kerjanya, Senin (16/4/2018).

La Hidi menjelaskan, salah satu faktor penyebab terkendalanya pelaporan yakni, pemahaman anggota maupun pengurus masih tradisional, sedangkan bentuk pelaporan kini, dituntut untuk dilakukan secara digital.

Selanjutnya, begitu pula kemampuan mengelola koperasi, juga menurutnya masih perlu ditingkatkan dan menurutnya kendala lain yang kerap dijumpai diantaranya, motivasi pengurus belum mengarah pada pengembangan jangka panjang.

La Hidi menambahkan, untuk menguatkan kembali koperasi yang kini masih tersisa, pihaknya pun gencar melakukan pelatihan, dengan melibatkan beberapa pihak terkait, dengan menghadirkan narasumber diantaranya, dari pemerintah provinsi, perguruan tinggi, badan keuangan daerah, dan juga kantor pajak.

"Olehnya itu sebelum dibangun koperasi ada kebersamaan tujuan. Supaya, misalnya nelayan, agar usahanya lebih maju," ungkapnya.(*)

OLEH: DARMAWAN
Telah dibaca 64 kali
Berita Terkait
Advertisement