Muna
12-04-2018  17:36
Tahun Ini Dinkes Mubar Target Akreditasi Enam Puskesmas
Muhammad Satiudin Opa
LAWORO.tribunbuton.com -Tahun ini Dinas Kesehatan Kabupaten Muna Barat (Mubar) menargetkan akreditasi enam Puskesmas, hal ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat.
Ketua Tim Akreditasi Kabupaten Mubar Muhammad Satiudin Opa mengatakan, pihaknya telah melakukan langkah awal, seperti penggalangan komitmen di beberapa Puskesmas dalam hal persiapan akreditasi November mendatang.

"Kita optimis dan kita telah melakukan langkah awal penggalangan komitmen ditiga Puskesmas,diantaranya Puskemas Marobea Kecamatan Sawerigadi,Puskesmas Lailangga Kecamatan Wadaga, dan Puskesmas Barangka Kecamatan Barangka. Tiga Puskesmas lainnya dalam waktu dekat kita akan lakukan juga," jelasnya, ditemui di ruangan kerjana, Kamis (12/4).

Setelah melakukan penggalangan komitmen lanjut Satiudin Opa, pihaknya juga akan melakukan pendalaman elemen dasar akreditasi, seperti pemahaman UKM, UKP dan Admin.

"Pemahaman ini yang penting, dasar untuk diakreditasi harus mampu memahami juga mengaktualisasikan tiga elemen tersebut," tuturnya.

Selain penggalangan komitmen dan pendalaman pemahaman Satiudin Opa juga akan melakukan pembenahan fisik di enam Puskesmas tersebut. Karena salah satu dasar kelayakan akreditasi Puskesmas juga tergantung fisiknya.

"Pembenahan gedung, kemudian ruangan, penataan lingkungannya. Karena itu yang akan dilihat pertama oleh tim penilai akreditasi," tambahnya.

Menurut Satiudin Opa, yang menjadi kendala salah satunya adalah dokter. Karena standar akreditasi harus dua dokter yang memberikan pelayanan dalam satu Puskesmas, yakni dokter umum dan dokter gigi.

"Kemudian alat kesehatan gigi itu belum ada," ucapnya.

Untuk mengantisipasi kekurangan dokter tersebut, pihaknya sudah melakukan kerjasama dengan PPSDM Kementerian Kesehatan, Fakultas Kedokteran dUniversitas Haluoleo (UHo), dan Universitas Hasanuddin (Unhas).

"InsyaAllah kita usahakan sampai bulan November dokter sudah ada,meskipun tidak semua Puskesmas ada dokternya", tambahnya.

Adapun Puskesmas yang akan diakreditasi diantaranya Puskesmas Marobea, Puskesmas Barangka,Puskesmas Lailangga, Puskesmas Pajala, Puskesmas Sidamangura, dan Puskesmas Kombikkuno. (#La Ode Safarudin)
Telah dibaca 94 kali
Berita Terkait
Advertisement