Buton Utara
10-04-2018  18:31
Server e-KTP Butur Bermasalah, Pelayanan Tetap Maksimal
BURANGA, Tribunbuton.com - Server pelayanan KTP elektronik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Buton Utara mengalami gangguan, yang diakibatkan salah satu jaringan disambar petir pekan lalu. Hal ini menyebabkan perekaman KTP elektronik dijaringan (offline).
Diperkirakan gangguan server ini akan mempengaruhi proses pelayanan, meski demikian,Dinas Dukcapil Butur tetap memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

"Meski demikian saya menginstruksikan tetap melakukan pelayanan, hanya yang menjadi kendala itu adalah mesin pencetak KTP elektronik rusak disambar petir," ungkap Kepala Dinas Dukcapil Butur Drs Muhammad Asri, memastikan pelayanan instansi yang dipimpinnya tetap memaksimalkan pelayanan.

Ditemui di ruang kerjanya, Selasa (10/4), Asri mengatakan,
hingga saat ini pihaknya berupaya memperbaiki alat tersebut, yang menurut teknisi harus mengganti alat server induk.Sementara kata dia, harga alat tersebut relatif sama dengan yang baru.

"Jadi berpikir lain untuk berkoordinasi dengan DPR untuk membantu pada anggaran perubahan ini, tidak boleh saya tinggal diam juga menyampaikan kepada Bupati karena ini memang kepentingan masyarakat," jelasnya.

Asri menambahkan, sambil menunggu rencana perbaikan, pihaknya mengantisipasi, dengan meminta SKPD lain untuk menghandel percetakan e-KTP sebelum Pemilihan Gubernur Sultra. Namun hal itu menurutnya, sudah diatur melalui surat edaran Mendagri, bahwa percetakan e-KTP bisa sementara.

"Jadi bisa dicetak setiap hari bila ada yang membutuhkan sambil menunggu percetakan elektronik. Pelayanan tetap jalan, kalau persoalan blangko itu ada yang nantinya mereka tinggal cetak aslinya," tambahnya. (* Darmawan)
Telah dibaca 81 kali
Berita Terkait
Advertisement