Buton Utara
06-04-2018  07:38
Butur Kembali Meraih Prestasi Tingkat Sultra
Bupati Butur Abu Hasan
BURANGA, Tribunbuton.com - Setelah meraih prestasi juara umum Musabaqah TIlawatil Quran (MTQ) ke 27 tahun 2018 tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Kabupaten Buton Utara (Butur) kembali mengukir prestasi. Butur ditetapkan sebagai Kabupaten pemilik Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) terbaik se Sultra, predikat Bumdes terbaik ini ditetapkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonsia.

Prestasi ini tentu menjadi suatu kebanggaan tersendiri, tak hanya Bupati Butur Abu Hasan, melainkan juga seluruh masyarakat Butur.

"Prestasi Bumdes terbaik diraih Bumdes Desa Mekar Jaya yang terletak di Kecamatan Kulisusu Barat dalam penilaian belum lama ini," ungkap Abu Hasan di ruang kerjanya, Kamis (5/4).

Kata Abu Hasan, prestasi ini merupakan prestasi kedua yang diraih Butur di Bulan yang sama, Maret. Ini patut dibanggakan, Desa Mekar Jaya diutus mengikuti pameran bisnis di Negeri Jiran Malaysia.

"Sebenarnya saya juga diundang untuk presentasi sebagai wakil Indonesia di Malaysia, cuma ada kendala teknis, tidak sempat urus izin Kementerian dalam Negeri," ungkapnya.

Abu Hasan menambahkan, Bumdes akan menjadi basis ekonomi permanen di Desa. Olehnya itu,penguatan terus dilakukan, dengan gelontoran dana Desa yang disalurkan mencapai puluhan Miliar dalam setiap tahunnya.

"Saya juga menginstrusikan semua Desa wajib memiliki Bumdes. Sebab, ini akan menjadi basis ekonomi permanen di Desa, dan mendorong pertumbuhan ekonomi Butur. Tentunya, berdampak terhadap pengentasan angka kemiskinan,"
tambahnya. (* Darmawan)
Telah dibaca 102 kali
Berita Terkait
Advertisement