Wakatobi
31-03-2018  10:51
Maret, Pedagang Terminal Pasar Sentral Wakatobi Ditertibkan
WAKATOBI. TRIBUN BUTON - Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag) dan UMKM Kabupaten Wakatobi tahun ini fokus melakukan penataan pasar. Diantaranya, 30 kios di dua pasar pusat perbelanjaan masyarakat Ibukota Kabupaten, yang sekian tahun belum signifikan menyumbang PAD.
Termasuk juga penataan terminal pasar Sentral Kecamatan Wangi-wangi Selatan, yang ditargetkan hingga April mendatang.

Kepala Disperindag dan UMKM Kabupaten Wakatobi Saifuddin menerangkan, kegiatan penataan terminal tersebut, guna menertibkan para pedagang sembako yang dinilai mengganggu aktivitas kendaraan di kawasan terminal.

"Penertiban ini kami lakukan agar proses alur masuk kendaraan tidak terganggu dengan para pedagang sembako yang berhamburan," terangnya.

Kata Syaifuddin, penertiban tersebut direncanakan sejak 5 Februari 2018, namun terpaksa harus ditunda karena para pedagang meminta agar DPRD Wakatobi mencari solusi terbaik.
"Sodara-sodara kita ini sudah mengadu dan meminta ke DPRD untuk dicarikan lokasi yang presentatif sebelum dipindahkan. Sebenarnya mereka juga paham bahwa di area situ, bukan tempat untuk menjual," katanya, ditemui di ruang kerjanya.

Apalagi lanjut Syaifuddin, Pemerintah Kabupaten Wakatobi merencanakan pembangunan pafing blok di areal terminal. Menurutnya, meski demikian, Pemkab Wakatobi tidak bisa bertindak otoriter, atau main hakim sendiri. Sebab, menghadapi masyarakat harus dilakukan dengan cara persuasif. Artinya, tidak boleh menggunakan para petugas penegak Perda.

"Makanya kami harus melihat kesiapan setelah meninjau tempat relokasinya mereka nanti, dan sebenarnya lokasi baru untuk mereka berjualan itu sudah ada. Hanya mereka (pedagang, red) masih minta waktu," tutupnya. (# La Ode Samsuddin)
Telah dibaca 96 kali
Berita Terkait
Advertisement