Buton Utara
12-03-2018  18:52
Ramadio Paparkan Lima Aspek Pembangunan di Butur
Wakil Bupati Butur Ramadio memberikan sambutan dalam acara Musrenbang tingkat Kabupaten
BURANGA, tribunbuton.com - Ada lima aspek keberhasilan Pemerintah Daerah dalam pembangunan yang dicapai selama ini di Kabupaten Buton Utara (Butur). Demikian disampaikan Wakil Bupati Butur Ramadio, saat pembukaan Musrenbang RKPD tahun 2019 di aula Bappeda Butur, Senin (12/3).
Ramadio menjelaskan, sebagai refleksi atas kinerja tersebut, pemerintah daerah telah membuat beberapa capaian yang cukup berarti antara lain, diantaranya;
pertama, dalam bidang infrastruktur seperti jalan baru, pengaspalan jalan, jembatan, dermaga, irigasi, listrik, telekomunikasi, air bersih, perumahan dan sarana olahraga.

Kedua, Butur telah memiliki fasilitas perbannkan, dengan jumlah peredaran uang pada rekening nasabah setiap tahun meningkat secara signifikan.

Ketiga, angka kemiskinan Butur mengalami penurunan dari tahun ke tahun yakni 2015 persentase penduduk miskin mencapi 15,86 persen, tahun 2016 turun menjadi 15,78 persen.

Keempat, kwalitas sumberdaya manusia. Kemajuan suatu daerah dapat dilihat dengan IPM yang menggambarkan kondisi gabungan tiga indikator penting yaitu, derajat, kesehatan dan pendapatan penduduk.

Kelima, pengeluaran rill per kapita penduduk Butur berkisar pada angka Rp 7.341.000,- pada tahun 2016, dan tahun sebelumnya Rp 7.205.582,- per tahun terjadi peningkatan sebesar 1,8 persen atau sebesar Rp 135,418 per tahun.

"Akselerasi hasil-hasil pembangunan daerah yang kita cintai saat ini belum dapat memuaskan semua pihak, namun kita optimis kemajuan dan kesejahteraan masyarakat akan terwujud, "ujar politisi Golkar ini. (#Darmawan)
Telah dibaca 74 kali
Berita Terkait
Advertisement