Nasional
03-03-2018  21:37
MAB, Bus Listrik Buatan Indonesia
Bus MAB bertenaga listrik buatan Indonesia siap dikomersilkan.FOTO:KRAKATAUNEWS.COM/TRIBUNBUTON.COM
JAKARTA, TRIBUN BUTON - PT Mobil Anak-Anak Bngsa (PT MAB) menghadirkan bus listrik di Gaikindo Indonesia Commersial Vehicle Expo (GIICOMVEC), 1 - 4 Maret 2018 di Jakarta Comvention Center. Selain tujuan komersil, bus listrik didukung dengan semangat sebagai kendaraan ramah lingkungan tanpa emisi.
Dilansir dari krakataunews.com, Direktur Teknik PT MAB Bambang Trisasongko menjelaskan bus listrik MAB akan diproduksi massal secara mandiri. Bus MAB ini dirancang untuk beroperasi sebagai bus transportasi kota dan antar kota.

"Di samping itu bus listrik tersebut juga dapat digunakan sebagai kendaraan transportasi di pelabuhan, bandara, maupun kendaraan wisata," jelasnya kepada sejumlah wartawan.

PT MAB didirikan dengan tujuan melakukan  usaha komersial dalam memproduksi bis listrik dengan merk ” MAB”. Hal ini dengan melihat anak-anak terbaik bangsa Indonesia menggunakan komponen tingkat kandungan dalam negeri (TKDM) di atas 45 persen.

Ide produksi bus listrik buatan Indonesia ini berawal dari gagasan Jenderal TNI (Purn) Dr Moeldoko. Produk tersebut diwujudkan sebagai dukungan atas program pemerintah dalam rencana umum energi nasional RI sesuai komitmen pemerintah melalui penandatanganan kesepakatan di Konferensi Perubahan Iklim ke-21 di Paris Perancis 2015.

Saat ini PT MAB telah memasuki tahapan produksi purwarupa ll (prototype ISI) yang telah mengaplikasikan sistem machatronics. PT MAB pun membuka kesempatan pagi para  tenaga ahli di Indonesia untuk bersama-sama mengajukan gagasan dan pelaksanaan semangat energi baru menuju masa depan yang Lebih baik.(YHD)
Telah dibaca 66 kali
Berita Terkait
Advertisement