Muna
20-02-2018  10:07
KPU Muna Barat Akan Evaluasi PPK dan PPS
Koordinasi KPU PPK dan PPS Muna Barat.FOTO: SAFARUDDIN/TRIBUNBUTON.COM
LAWORO, tribunbuton.com - Guna memantapkan kinerja penyelenggara Pemilu tingkat Kecamatan dan Desa, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Muna Barat akan melakukan evaluasi kinerja, Senin (19/2).
Muhamad Taufan selaku Koordinator Wilayah (Korwil) yang membidangi divisi Sumber Daya Manusia mengatakan, dalam rangka perekrutan badan adhok PPK dan PPS, berdasarkan UUD Nomor 7 tentang Pasal 37 disarankan, dalam proses badan adhok terdiri atas dua opsi yaitu: 1. opsi tes terbuka, 2.opsi evaluasi.

Taufan menjelaskan, metode evaluasi menurut UUD Nomor 7; personil akan dikurangi seperti PPK dari lima orang anggota menjadi tiga anggota saja.
Untuk ini Taufan memastikan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Komisioner KPU Muna Barat, Sekretariat PPK dan Sekretariat PPS, berdasarkan PKPU Nomor 3 tentang perekrutan badan adhoc, dan sekretariat juga menilai kinerja pada tingkatan penyelenggara Kecamatan dan penyelenggara pemungutan suara.

Dia menambahkan, ada 12 pertanyaan, dan menurutnya metode evaluasi tidak akan memakan waktu lama, dan jika mengambil opsi terbuka dalam perekrutan boleh jadi orang-orang baru yang mengisi.

"Karena tidak menutup kemungkinan teman-teman lama bisa jadi gugur, maka peserta penyelenggara pada kesempatan pertemuan ini diberikan kesempatan untuk menentukan pilihan apakah dievaluasi atau diadakan tes terbuka," ujarnya.

Dalam pertemuan ini dicapai kesepakatan, bahwa akan dilakukan metode evaluasi dengan alasan lebih cepat dan tidak memakan waktu lama, dan tidak diikuti seperti wawancara dan ujian tertulis.

Dihadiri oleh Komisioner Kabupaten, PPK se Kecamatan, PPS, dan sekertariat Kecamatan dan sekertariat setiap Desa lingkup Kecamatan Lawa. (*/Safarudin)
Telah dibaca 190 kali
Berita Terkait
Advertisement