Buton Utara
18-01-2018  20:59
Harga Beras di Butur Melonjak
Pedagang beras keliling di Kabupaten Buton Utara. Foto: Darmawan/tb.com
BURANGA, tribunbuton.com - Harga penjualan beras melonjak naik di pasaran. Seperti yang terjadi di pasar Sentral Mina-Minanga Kulisusu Buton Utara (Butur), pada Kamis (18/1).
Pantauan media, rata-rata beras Kendari per karung (50 kg) dijual hingga Rp520.000. Menurut Nasir, salah seorang pedagang beras keliling, harga beras naik sejak satu minggu lalu. Dijelaskan kenaikan itu disebabkan banyak distributor Kendari menjual keluar provinsi, sehingga katanya menyebabkan kelangkan stok beras.

"Kita menjual berdasarkan digudang kendari, awalnya satu karung (50 kg) dijual Rp420.000. Sekrang kita tidak bisa lagi jual Rp420.000 harus Rp520.000, " ungkap Nasir saat ditemui awak media di pelataran pasar Sentral Mina-Minanga Kulisusu.

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Butur, Titing Indang mengatakan, belum memastikan ada kenaikan harga di pasar, rencananya operasi pasar nanti dekat akhir bulan ini.

Namun demikian pihaknya tiadak terlepas dari pengawasan. Jelasnya bagi para pedagang beras menyesuaikan harga umum dan dan tidak boleh menambah harga tidak sesuai ketentuan.

"Ketika hal itu ditemukan kita akan berikan surat teguran agar mereka tidak sewenang-menaikan harga barang, " ujar Titing saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (18/1). (#)

Oleh: Darmawan
Telah dibaca 132 kali
Berita Terkait
Advertisement