Baubau
06-01-2018  12:13
Pilkada Pesta Demokrasi yang Menggembirakan Untuk Semua
Erwin Usman SH saat menjadi pembicara dalam salau satu forum diskusi yang disiarkan secara langsung oleh Metro TV
JAKARTA, tribunbuton.com - Ajang Pilkada serentak 2018 mesti menjadi sarana pesta demokrasi yang mengembirakan bagi semua warga. Bukan ajang untuk saling menjatuhkan, menyebar fitnah, ujaran kebencian, persekusi, serta memecah persaudaraan di antara sesama warga.

Demikian ditegaskan oleh tokoh muda Sulawesi Tenggara Erwin Usman SH. Erwin sapaan akrabnya, Presidium Nasional Persatuan Aktivis 98 (PENA 98) mengatakan, Pilkada mesti bermanfaat hasilnya bagi lahirnya pemimpin daerah yang dapat menghadirkan keadilan dan kesejahteraan bersama. Via pesan elektronik, Jumat (5/1) Komisaris PT Wika Bitumen yang merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini mengungkapkan, tahapan pendaftaran Balon Kepala Daerah di bulan Januari 2018 ini hingga pemungutan suara di bulan Juni 2018, situasi sosial politik lokal di Kota Baubau khususnya akan relatif meningkat tensinya, sebab menghadapi dua iven Pilkada, yaitu Pemilihan Walikota Baubau dan Pemilihan Gubernur Sulawesi Tenggara.

Karena itulah, penting bagi semua pihak terkait, untuk bahu membahu menjadikan ajang Pilkada sebagai sarana pendidikan politik bagi warga, sekaligus pesta demokrasi yang sehat dan menggembirakan bagi semua.

Mantan aktivis pro demokrasi pendiri Lembaga Bantuan Hukum (LBH Buton Raya) dan Forum Kota Baubau ini juga menyoroti pentingnya kedewasaan politik setiap Paslon dan tim pendukungnya dalam menghadapi setiap tahapan, dengan siap menang dan siap kalah. Serta netralitas dan profesionalisme penyelenggara dan pengawas Pilkada baik KPUD maupun Bawaslu, untuk menjamin kualitas Pilkada yang sedang berjalan.

“Netralitas dan profesionalisme penyelenggara menjadi suatu syarat utama Pilkada yang berkualitas. Kita harapkan itu pada teman-teman di KPUD dan Bawaslu di kota Baubau, maupun tingkat propinsi,".

“Siapapun nanti yang terpilih sebagai pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra, serta Walikota dan Wakil Walikota Baubau adalah buah dari proses demokratisasi yang telah dibangun bersama selama ini” pungkas Erwin. (LM Irfan Mihzan
Telah dibaca 190 kali
Berita Terkait
Advertisement