Buton Tengah
03-01-2018  19:15
KPU Buteng Hanya Verifikasi Faktual 16 Partai Pemilu 2019
Divisi Hukum atau salah satu Komisioner KPU Buteng, Rinto Agus Akbar SPil MPhil
LABUNGKARI, tribunbuton.com - Dalam tahapan verifikasi faktual Partai Pemilu tahun 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buton Tengah hanya melakukan verifikasi 16 partai dari 23 partai yang akan diverifikasi faktual.
Hal ini dikatakan langsung oleh Devisi Hukum atau salah satu Komisioner KPU Buteng, Rinto Agus Akbar SPil MPhil saat dihubungi via telepon selulernya, Rabu (3/1).

"Kita verifikasi itu awalnya hanya 12 partai, tapi ada tambahan 9 partai hasil rekomendasi Bawaslu dan dari 9 partai itu di Buteng hanya 2 partai yakni PKPI dan PBB serta ditambah lagi dengan putusan kedua dari hasil gugatan yakni 2 partai yaitu Garuda dan Berkarya," sebut Rinto.

Dijelaskan, sebagai rujukan verifikasi faktual dilapangan, KPU menggunakan Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) karena, data-data parpol seperti kepengurusan, kantor dan syarat-syarat lain sudah diisikan dan didokumentasikan dalam Sipol. Verifikasi itu akan meliputi kepengurusan dan keanggotaan.

"Verifikasi ini ada dua verifikasi kepengurusan dan keanggotaan dan verifikasi kepengurusan ada 3 item yakni kesesuaian SK dengan pengurus seperti ketua, sekretaris dan bendahara, kedua, keterwakilan perempuan 30%, ketiga, sarana prasarana perkantoran, dan kalau keanggotaan sama seperti biasanya dalam vaktual," tutupnya.

Sekedar diketahui, 16 partai yang yang diverifikasi faktual KPU Buteng yakni, Partai Perindo, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), PDI-P, Partai Hanura, Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrat, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), PKPI, PBB, Berkarya dan Garuda.

Peliput : Alan
Telah dibaca 131 kali
Berita Terkait
Advertisement