Wakatobi
02-01-2018  19:28
Arhawi Resmikan Pengoperasian Hibah Air Minum Perkotaan APBN 2017
Bupati Wakatobi H Arhawi
WAKATOBI, tribunbuton.com – Bupati Wakatobi H Arhawi meresmikan pengoperasian bantuan hibah air minum perkotaan bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2017. Peresmian dipusatkan di Desa Tindoi Timur Kecamatan Wangi-Wangi, Minggu (17/12/2017).
Arhawi, dalam sambutannya didepan ratusan masyarakat setempat mengungkapkan jika pengoperasian hibah air minum perkotaan dari pemerintah pusat tersebut telah mengurangi beban pemerintah daerah. Terkhusus tanggung jawab pemerintah kabupaten Wakatobi dalam pelayanan air bersih.

Hadirnya bantuan hibah air minum perkotaan APBN 2017 itu kata Arhawi, sukses berkat dukungan pihak-pihak terkait. Pasalnya, dalam program pusat itu membutuhkan ketersediaan dana shering dan regulasi.

“Hadirnya program ini berkat dukungan dan kerjasama DPRD, karena membutuhkan ketersediaan dana shering APBD, kemudian didukung dengan lahirnya perda yang mengaturnya. Termasuk peran seluruh OPD dan masyarakat Kabupaten Wakatobi,” terang Arhawi.

Pemkab Wakatobi lanjut Arhawi, terus berupaya menuntaskan sejumlah wilayah dimana masyarakatnya belum menikmati layanan air bersih. “Tahun 2018 nanti pihak Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Wakatobi akan mensurvei dan mendata masih berapa banyak desa/kelurahan di Wakatobi belum tersentuh air bersih. Karena 2018 juga nanti akan pemasangan instalasi air minum di pulau wangi-Wangi,” terang Arhawi.

Arhawi, meniitip pesan kepada masyarakat pelanggan bantuan program itu untuk selalu merawat dan menjaga seluruh komponen air bersih. Sehingga bisa membantu masyarakat dalam jangka waktu panjang. “Jadi masyarakat punya tanggung jawab untuk menjaga instalasi air bersih. Dan disiplin serta sadar melaksanakan kewajibannya seperti membayar rekening air,” harapnya.

Sementara itu Kepala Desa (Kades) Tindoi Timur, Alima, mengatakan pengoperasian air bersih di wilayahnya merupakan rahmat dan tidak pernah terbayangkan. Pasalnya, wilayah ditempatinya itu sejak dulu tidak pernah menikmati layanan air bersih.

“Pemerintah Desa Tindoi Timur mengucapkan terimakasih atas peresmian air bersih ini. Sejak nenek moyang kami ratusan tahun silam, baru hari ini kami merasakan layanan air bersih. Terimakasih Pak Bupati atas janji-janjinya untuk menghadirkan air bersih di wilayah kami,” ujar Kades Tindoi Timur.

Direktur Teknis (Dirtek) PDAM Kabupaten Wakatobi, Subardin Bau, menjelaskan jika bantuan hibah air minum perkotaan APBN 2017 itu, Kabupaten Wakatobi mendapat 500 sambungan rumah (SR). Dimana masyarakat penerima program itu diprioritaskan kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

“Jadi program ini di Sultra hanya dua kabupaten, Wakatobi mendapat 500 SR. Dimana tersebar di 25 desa/kelurahan di Kabupaten Wakatobi. Masyarakat mendapatkan program ini yakni memiliki daya listrik dibawah 1200 kwh,” pungkasnya.

Dalam peresmian pegoperasian bantuan hibah air minum perkotaan APBN 2017 tersebut, dihadiri Sekda Wakatobi Muh Ilyas Abibu, perwakilan anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda), sejumlah kepala OPD serta ratusan masyarakat setempat.(*)


Peliput: Duriani
Telah dibaca 72 kali
Berita Terkait
Advertisement